Bagikan 2500 Sertifikat Tanah, Ini Pesan Jokowi Kepada Warga Blitar

Jokowi saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Blitar di Pendopo Sasana Adi Praja.(Ist)
Jokowi saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Blitar di Pendopo Sasana Adi Praja.(Ist)

JATIMTIMES, BLITAR – Presiden Joko Widodo membagikan 2500 sertifikat tanah kepada warga Blitar di Pendopo Sasana Adi Praja, Kabupaten Blitar, Kamis (3/1/2018). Sertifikat tersebut masing-masing diserahkan kepada 2000 warga Kabupaten Blitar dan 500 warga Kota Blitar.

Presiden Indonesia ketujuh ini menyebut, target pembagian sertifikat tahun 2017 lalu sebanyak 5 juta terlampaui. Kemudian 2018, ditargetkan 7 juta dan target tersebut terealisasi 9,4 juta. Sementara tahun 2019 pemerintah menargetkan 9 juta. "Gak tau nanti terealisasinya bisa 11 juta bisa 12 juta, kita lihat nanti," ucap Jokowi usai membagikan sertifikat. 

Jokowi mengatakan pemerintah memiliki 126 juta bidang tanah yang harus disertifikasi. Saat ini baru mencapai  82,5 juta bidang yang sudah selesai. Presiden menegaskan, kepemilikan  sertifikat hak atas tanah merupakan salah satu hal penting bagi setiap warga negara. Jika sudah ada sertifikat, warga mempunyai bukti hukum atas kepemilikan tanah. Kalau belum punya sertifikat kemungkinan sengketa sangat besar.

"Kalau sudah ada sertifikat sudah ada hak bukti hukum tanah yang dimiliki. Kalau belum punya sertifikat kemungkinan sengketa ada saja. Saya keliling Indonesia sudah sering mendengar keluhan masyarakat terkait sengketa karena  ketiadaan sertifikat tanah," tandasnya. 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengimbau agar warga penerima sertifikat tanah memanfaatkan sertifikatnya sebaik mungkin. Tidak digunakan untuk kepentingan konsumtif. 

"Kalau dapat pinjaman gunakan seluruhnya untuk modal usaha, untuk investasi jangan untuk hal-hal yang konsumtif.  Kalau untung ditabung, kalau sudah cukup baru beli kebutuhan," paparnya.

Usai membagikan sertifikat di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro, rombongan calon presiden petahana ini langsung bergeser ke Kabupaten Tulungagung.(*)

 

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top