Arema FC Masuk Daftar Tim Populer Dunia

Daftar Tim Populer Dunia
Daftar Tim Populer Dunia

JATIMTIMES, MALANG – Lima tim besar di Indonesia masuk dalam daftar klub sepak bola yang cukup populer berdasarkan pengikut di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Weibo, WeChat dan lainnya. Salah satunya yakni Arema FC yang menempati urutan ke 107 dari 207 klub yang terpilih di seluruh dunia.

Label klub besar di Indonesia semakin lekat kepada Arema FC karena memiliki jumlah pengikut di media sosial yang cukup banyak.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Global Digital Football Benchmark, total per Januari 2019 ini klub berjuluk Singo Edan sudah mempunyai sebanyak 2,3 juta orang pengikut di seluruh media sosial yang dimiliki.

Fase ini telah lama dilampaui oleh klub-klub inovatif, yang memang fokus untuk menarik komunitas global ke kehadiran resminya di platform sosial. Pada tahap ini mereka mendeteksi perbedaan budaya dalam audiens dan ini membutuhkan pendekatan unik di setiap wilayah untuk menarik dan menumbuhkan komunitas online.

Khususnya di Indonesia, Arema FC menduduki urutan ke tiga di bawah Persib Bandung di peringkat pertama dan Persija Jakarta di peringkat kedua sebagai klub yang paling populer dari pengikut di media sosial.

Kemudian di urutan ke empat ada tim yang baru saja terdegradasi ke Liga 2, yakni Sriwijaya FC yang juga menempati urutan 141 dunia dengan pengikut 1,6 juta orang. Lalu urutan kelima ada Bali United yang menempati urutan 155 dunia dengan jumlah pengikut 1,5 juta orang.

Di urutan dunia Persib Bandung menempati posisi ke 23 dengan jumlah pengikut sebanyak 15,9 juta orang. Persija Jakarta menyusul di bawahnya dengan berdiri di posisi ke 55 dengan pengikut sejumlah 5,1 juta orang.

Sementara untuk lima besar dunia ada nama klub besar yang secara berurutan menempati posisi dari atas, seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Chelsea dan Bayern Munchen. 

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top