Salah satu nelayan di Surabaya saat mendapatkan bantuan jaring

Salah satu nelayan di Surabaya saat mendapatkan bantuan jaring



Pemerintah Kota Surabaya memberikan perhatian terhadap kesejahteraan hidup nelayan. Perhatian tersebut diwujudkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya dengan pemberian kartu asuransi dan jaring kepada nelayan Kota Surabaya.

Maria Agustiningtyas, Kasie Perikanan Tangkap Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Surabaya menjelaskan, bantuan yang diberikan sesuai dengan paket Musrenbang, yakni berupa jaring. Selain jaring, diberikan juga kartu asuransi nelayan gratis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Para nelayan yang mendapat asuransi disyaratkan untuk memiliki kartu nelayan. Asuransi tersebut bisa diklaimkan jika nelayan meninggal di laut sebesar Rp 200 juta, sedangkan jika meninggal di darat sebesar Rp 120 juta hingga Rp 160 juta.”, jelas Maria. 

Maria menjelaskan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Surabaya menyerahkan kartu asuransi secara bertahap kepada 1861 nelayan.  Sementara itu terkait pemberian jaring, Maria berharap dapat meningkatkan mutu hasil tangkapan ikan dan dapat meningkatkan kesejahteraan. 

Selama ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Surabaya telah melakukan patroli bersama dengan Polairud dan Satpol PP untuk menangkap nelayan luar yang menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan. Nantinya, program keamanan ini akan terus dilanjutkan.


End of content

No more pages to load