Serangan DBD Mulai Mengancam Warga Jombang, Sebulan Terakhir Penderita DBD Terlihat Meningkat

Kondisi pasien di ruang Seruni RSUD Jombang  yang diduga terkena DBD. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Kondisi pasien di ruang Seruni RSUD Jombang yang diduga terkena DBD. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JATIMTIMES, JOMBANG – Serangan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus Dengue menjadi ancaman pada musim penghujan ini. Di Kabupaten Jombang, tercatat ada puluhan pasien RSUD Jombang yang diduga terkena virus Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari data yang didapat JombangTIMES dari RSUD Jombang, sedikitnya ada 63 pasien yang diduga mengidap DBD. 

"Tercatat ada 23 anak dan 40 orang dewasa yang di rawat karena diduga terkena DBD. Kita masih melakukan pemeriksaan melalui uji lab," ungkap Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran, Sabtu (12/1). 

Banyaknya pasien yang diduga menderita DBD itu, diungkapkan dr Pudji bahwa tren DBD di Kabupaten Jombang selama kurun waktu satu bulan terakhir mengalami peningkatan. 

"Kasus DBD dalam satu bulan terakhir terbilang cukup meningkat. Di rumah sakit kunjungan cukup banyak, di puskesmas-puskesmas pun juga cukup banyak," terangnya. 

Pantauan di RSUD Jombang, para pasien yang diduga terkana DBD itu, dalam kondisi perawatan intensif di ruangan Seruni. Sejumlah pasien terlihat diberikan asupan cairan melalui selang infus yang dialirkan ke tubuh pasien. 

Sedangkan dijelaskan dr Pudji, bahwa penanganan awal penderita DBD juga dilakukan di jajaran puskesmas di derah-daerah. Sehingga rujukan di RSUD Jombang terbilang aman dan stabil. 

"Alhamdulillah bahwa kesigapan dari temen-temen di puskesmas untuk memberikan pelayanan pada fase awal DBD dengan memberikan cairan koloid dan lain sebagainya, sehingga rujukan di rumah sakit relatif aman dan stabil," ujarnya. 

Sementara, salah selatu orang tua penderita DBD yang bernama Salma (54), warga Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang ini menuturkan, anaknya Musrotul Fawas (11) dirawat di RSUD Jombang karena kondisi panas yang cukup tinggi. "Jadi pulang dari ikut drumb band, dia langsung panas tinggi. Sekarang sudah lumayan membaik," tutup Salma.(*)

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top