Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jelang Pilpres, 174 Warga Binaan Lapas Tulungagung Jalani Rekaman KTP-el

Penulis : Joko Pramono - Editor : Yunan Helmy

17 - Jan - 2019, 17:28

Placeholder
Warga binaan yang diambil rekaman retina matanya dalam perekaman KTP-el. (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

 Menghadapi datangnya Pilpres dan Pileg yang akan berlangsung ada 17 April mendatang, pihak Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung gencar melakukan perekaman KTP elektronik (KTP-el) terhadap pemilih yang belum melakukan perekaman. 

Seperti hari ini, Kamis (17/1/19) Dispendukcapil melakukan perekaman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Tulungagung. "Warga binaan  yang direkam di Lapas Tulungagung ada 174 warga," kata Kadispendukcapil Tulungagung Justi Taufik.

Warga yang melakukan perekaman ialah warga yang sudah usianya sudah cukup untuk memiliki KTP-el.  Tujuan  perekaman ini adalah menghadapi pemilu. Sebab, salah satu syarat untuk mencoblos ialah sudah mempunyai KTP-el.  
Setelah dilakukan  perekaman,  hasilnya akan dikirimkan Kementerian Dalam Negeri untuk ditunggalkan. Warga binaan akan diberi surat keterangan sebagai bukti telah melakukan perekaman.

Namun pihaknya berjanji KTP-el ini akan sudah jadi sebelum pemilu  sehingga bisa digunakan untuk mencoblos.  "Saya pastikan sebelum pemilu sudah jadi," tegas Justi. 

Sementara itu, Kalapas Tulungagung Erry Taruna menyambut baik perekaman ini.  Dari 557 warga binaan yang ada, 261 di antaranya mengaku tidak mempunyai KTP-el.   Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, 87 di antaranya sudah melakukan perekaman. 

Selain itu, penghuni Lapas yang sering berubah membuat pihaknya sulit menentukan secara pasti warga binaanya yang tidak mempunyai KTP-el.  "Penghuni rutan ini kan fluktuatif, selalu berubah. Ada pemindahan dari luar daerah,"  ungkap  Erry Taruna.

Sementara itu, jomisioner  KPU Tulungagung divisi data dan informasi  Khoirul Anam masih belum mengetahui apakah akan membuat tempat pemungutan suara (TPS) khusus di dalam lapas.   Sebab, hingga saat ini masih belum ada petunjuk dari KPU RI terkait hal itu.

"Sampai saat ini kita masih mengusulkan ke KPU RI. Dalam waktu dekat sudah ada keputusan," ujar Khoirul Anam. 

Namun dirinya yakin pihak KPU RI akan memutuskan ada TPS khusus dalam lapas. Pasalnya, di lapas ada sekitar 500 lebih warga binaan yang berpotensi menjadi pemilih. "Kemungkinan nanti kami akan mengalokasikan 2 TPS khusus di lapas ini," urai pria yang akrab disapa Anam itu.


Topik

Pemerintahan tulungagung berita-tulungagung perekaman-KTP-elektronik Dispendukcapil-Kabupaten-Tulungagung perekaman-Lapas-Kabupaten-Tulungagung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Yunan Helmy