Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

' Kokel Tante' Ciptakan Persaudaraan di Tubuh Komet Jatim

Penulis : Adi Rosul - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Jan - 2019, 17:19

Placeholder
Para member Komet Chapter Jatim saat foto bersama di kawasan wisata Sumberboto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Dunia otomotif tidak hanya berkutat soal modifikasi maupun balap saja. Mempersatukan orang yang sebelumnya tidak saling kenal menjadi satu ikatan keluarga juga dimunculkan dari sebuah hobi otomotif. Seperti yang dilakukan oleh komunitas otomotif mobil keluaran era 90’an, Mitsubishi Eterna. 

Komunitas otomotif yang diberi nama Komplotan Mitsubishi Eterna (Komet) ini, secara khusus menggelar acara bertajuk Kopdar Keliling Tanpa Tekanan (Kokel Tante) di kawasan wisata Sumberboto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, pada Minggu (20/1) pagi. 

Diterangkan Anang Sunaryono, Ketua Panitia Kokel Tante, bahwa acara tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Komet Chapter Jawa Timur setiap 4 bulan sekali. “Acara ini agenda Komet Chapter Jawa Timur yang rutin kita gelar 4 bulan sekali. Kebetulan saat ini Komet Besuters Jombang menjadi tuan rumahnya,” ungkap Ketua Komet Besuters Jombang. 

Selain itu, dari data yang disampaikan Anang saat sambutan acara, tercatat ada 50 anggota Komet Chapter Jatim yang hadir pada acara tersebut. Setiap anggota, sambung Anang, juga membawa keluarga dan pasangan masing-masing. “Alhamdulillah 50 anggota hadir, ini artinya 80 persen anggota komet Jatim berpartisipasi di sini. Kalau sama istri maupun pasangan, ya kurang lebih ada seratusan keluarga Komet Jatim hadir di acara Kokel Tante,” bebernya. 

Pantauan di lokasi, acara terlihat cukup meriah. Betapa tidak, setelah memasuki area kawasan wisata hutan Sumberboto, tampak puluhan Ety (sebutan mobil Mitsubishi Eterna, red) tampak berjajar rapi sepanjang 200 meter di area parkir wisata. Ditambah lagi alunan musik dangdut dari salah satu kelompok musik di Jombang yang disewa untuk menampilkan hiburan musik. 

Sementara, bukan tanpa alasan acara yang dihadiri ratusan orang ini memilih nama Kokel Tante (Kopdar Keliling Tanpa Tekanan) untuk setiap acara kopdar (kumpul-kumpul, red). Ketua Komet Chapter Jatim, Ari menerangkan, bahwa Kokel Tante ini menggambarkan rasa kekeluargaan yang ada di tubuh Komet. 

“Ya memang tidak ada paksaan dalam acara kopdar atau kumpul-kumpul ini. Di sini kita juga mengajak keluarga. Sedangkan acara ini juga akan dilakukan secara bergantian dengan berkeliling di daerah-daerah di Jawa Timur. Makanya kita namakan Kopdar Keliling Tanpa Tekanan atau Kokel Tante,” terang pria yang akrab disapa Om Wewe itu. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Umum Komet Indonesia, Himawan pada sambutannya. Himawan mengatakan, bahwa acara tersebut memang sengaja dilakukan rutin dan bergantian untuk tuan rumahnya, untuk menyambung silahturahmi dan menambah keluarga dengan bertambahnya angota-anggota baru. 

“Di acara ini sangat terasa rasa kekeluargaannya. Semua anggota, keluarganya diajak. Dan juga sebagai ajang perkenalan bagi anggota yang baru bergabung,” tuturnya.

 Selain itu, pesan pria yang akrab dipanggil Om Him ini, bahwa mobil hanya sebatas media yang bisa menyatuhkan persaudaraan. “Intinya adalah komunitas ini adalah media untuk bersilaturahmi. Seduluran sak lawase (keluarga selamanya),” pungkas Himawan.(*)

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Sri Kurnia Mahiruni