Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Makin Mepet dan Tak Ada Penambahan Waktu, Sekolah Diimbau Lekas Finalisasi PDSS

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Yunan Helmy

23 - Jan - 2019, 13:23

Placeholder
Foto istimewa

Kurang dua hari lagi, jadwal pengisian dan verifikasi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) akan ditutup. Jadwal pengisian PDSS tersebut dimulai 4 Januari lalu hingga 25 Januari mendatang.

PDSS berisi rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa secara lengkap dan benar. PDSS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Namun, hingga kemarin (22/1), sekolah yang sudah melakukan finalisasi PDSS masih minim. Hal ini dinyatakan oleh Kabag Humas dan Kerja Sama Universitas Negeri Malang (UM) Aminarti S. Wahyuni.

“Karena waktunya semakin mepet, diimbau pihak sekolah segera melakukan pendaftaran, verifikasi dan finalisasi. Sebab, tidak ada penambahan waktu,” ujarnya.

Sekolah pun diimbau agar segera melakukan finalisasi PDSS sebelum waktu berakhir. Jika pihak sekolah tidak segera melakukan finalisasi, siswanya tidak akan bisa mendaftar ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN.

Dari data yang diperoleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sampai 21 Januari kemarin, sekitar 14 ribu sekolah yang telah mengisi data PDSS. Namun, hanya 2.324 sekolah yang finalisasi secara nasional.

Padahal, finalisasi PDSS menjadi syarat untuk mendaftar SNMPTN. Pendaftaran SNMPTN dijadwalkan  4 Februari hingga 14 Februari 2019 nanti. Sedangkan hasil seleksinya diumumkan 23 Maret 2019. “Kalaupun siswa tidak memverifikasi, maka sistem akan memfinalkan secara otomatis,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN. Pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN saat pendaftaran SNMPTN. Atau masing-masing satu prodi dari dua PTN yang berbeda. Peserta yang memilih prodi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Program studi dan daya tampung dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.


Topik

Pendidikan berita-malang pangkalan-data-sekolah-dan-siswa Aminarti-S-Wahyuni finalisasi-PDSS-menjadi-syarat-untuk-mendaftar-SNMPTN



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Yunan Helmy