Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi



Persaingan bisnis di bidang otomotif membuat pabrikan mobil terus berinovasi untuk menarik minat pembeli. Baik dari design, fitur, hingga performa mesin.

Di kelas MVP, Honda punya Mobilio RS yang dirilis awal tahun 2017. Memiliki design body yang sensasional, dengan head lampnya yang stylish. Namun, di awal tahun 2019
Toyota merilis New Avanza tipe G dengan head lamp yang sudah menggunakan LED, dimana penggunaan LED head lamp saat ini sedang marak karena mengeluarkan cahaya berwarna putih. Sedangkan Honda masih menggunakan bohlamp model lama dengan alasan keselamatan.

"Kalau pake LED, terang lampunya warna putih, jadi di malam hari pas hujan jauh lebih bagus pencahayaannya bohlamp yang biasa," ujar Onang Sujarwo Superviser Marketing Honda Mandalasena Malang.

Namun, agar terlihat lebih mewah, All New Avanza sudah menggunakan Shark Fin Antena yang masih belum terpasang di Mobilio. 
"All New Avanza ini sudah pakai antena model Shark Fin, jadi kesannya itu lebih simpel dan mewah, kelihatan seperti mobil harga Rp 400 jutaan," ujar Joseph Setiyawan sales manager Toyota Kartika Sari Malang.

Untuk di segi kenyamanan, Mobilio menggunakan penggerak depan. Sehingga pada saat melaju mobil akan terasa lebih nyaman terutama di jalanan basah. Karena di jalanan licin traksi mobil penggerak depan yang digunakan Mobilio lebih minin dibandingkan dengan penggerak belakang yang digunakan oleh All New Avanza. 
Namun, Joseph mengatakan bahwa penggunaan penggerak belakang di All New Avanza lebih cocok untuk jalanan di Indonesia yang tidak rata atau banyak jalan menanjaknya. Selain itu, penggunaan jenis penggerak belakang ini juga untuk mendapatkan keseimbangan yang bagus saat melaju di kecepatan tinggi.

Namun, kedua tipe mobil tersebut memilikk beberapa kelemahan. Untuk All New Avanza tipe G ini masih belum menggunakan kaki yang stylish seperti yang digunakan Mobilio yang membuatnya terlihat stylish. Sedangkan Mobilo sendiri masih belum menggunakan teknologi Follow Me Home seperti yang sudah digunakan pada All New Avanza yang memberikan pencahayaan saat malam hari ketika pemilik akan masuk kedalam rumahnya yang masih gelap di malam hari.

Sementara itu, untuk harganya All New Avanza tipe G dibandrol sekitar Rp 250 jutaan untuk seri tertinggi dan New Mobilio RS dibandrol sekitar Rp 260 jutaan.


End of content

No more pages to load