Petugas PKRS melakuan visit home ke pasien yang sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Petugas PKRS melakuan visit home ke pasien yang sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES


Editor

Heryanto


Ada yang tidak biasa dengan pelayanan kesehatan di RSUD dr Iskak Tulungagung ini. Jika biasanya pasien harus datang, kali ini justru pelayan kesehatan mendatangi pasien pasca penanganan. 

Hal itu dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan yang paripurna dan komperehensif kepada masyarakat. 

"Ini namanya tim PKRS singkatannya Promo Kesehatan Rumah Sakit," kata Direktur Utama RSUD dr Iskak Dr Supriyanto SP. B melalui Kepala Seksi Informasi dan Pemasaran (Himas) RSUD dr Iskak Tulungagung M. Rifai, Sabtu (2/2/2019) sore.

Tugas utama tim PKRS tertentu menurut Rifai adalah melakukan kunjungan pasien atau home visit ke rumah pasien yang telah selesai rawat inap di RSUD dr Iskak Tulungagung.

"Kali ini tim kita ke daerah Desa Kepuh Kecamatan Boyolangu. Ini dilakukan untuk mendekatkan layananan kita dan wujud kepedulian pihak rumah sakit terhadap semua pasien yang berobat," ungkapnya.

Pihak rumah sakit ingin ada sinergitas kekeluargaan antara pasien dan petugas di rumah sakit sehingga tercipta suasana satu keluarga yang saling membutuhkan.

"Para pasien dan keluarga pasien yang datang dan berobat ke rumah sakit adalah bagian dari keluarga kami yang harus kita beri perhatian dan kita layani dengan baik, karena rumah sakit ini juga rumah sakit milik rakyat Tulungagung," ujar Rifai.

Pihak manajemen rumah sakit ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Bahkan, kegiatan yang dilakukan oleh tim PKRS ini akan rutin dengan secara acak akan melakukan kunjungan ke rumah pasiennya. 

"Harapan kami, ketika pasien pulang ke rumah menjadi sehat dan bisa aktivitas seperti sediakala dan senantiasa menjaga kesehatannya," tuturnya.

Dalam kunjungan itu, salah satu pasien asal Pasuruan merasa sangat bahagia mendapat kunjungan yang tiba-tiba dari rumah sakit.

"Saya terharu, atas nama keluarga saya sampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Rumah Sakit Dr Iskak, karena selain telah merawat istri saya  dengan baik dan mau menindak lanjuti di rumah, saya tidak pernah membayangkan ada  rumah sakit yg begitu peduli dengan pasiennya," ujar ST dengan mata berkaca-kaca.

Istri dari pegawai kontrak di salah satu instansi ini baru saja melahirkan lewat operasi caesar dan menderita tumor payudara, sehingga ST sebagian suami juga khawatir terhadap kelanjutan kesehatan istrinya.

"Syukurlah kami banyak diberikan masukan tata cara merawat bayi dan sakit istri saya," kata ST yang minta namanya tidak ditulis.

Pelayanan PKRS ini juga mempublikasikan tiap kegiatannya di media, radio hingga media sosial sehingga warga masyarakat dapat berkomunikasi secara langsung ke tim yang telah bekerja mendatangi pasien. 


End of content

No more pages to load