Tahu Nggak Makanan Favorit Wisatawan di Alun-Alun Kota Batu?

Suguhan lok-lok dengan banyak varian di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suguhan lok-lok dengan banyak varian di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES, BATU – Berwisata ke Kota Batu belum nikmat rasanya bila tidak  mencicipi kulinernya. Khususnya di Alun-Alun Kota Batu. Banyak jajanan yang disuguhkan oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan ini yang menjadi favorit para wisatawan. 

Beberapa jajanan yang jadi favorit saat datang ke sana itu yakni telur gulung, sosis bakar, jeruk peras, kedelai rebus. Diah Putri warga Banyuwangi mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang mengatakan memang disetiap daerah punya ciri khas masing-masing.

Akan tetapi setiap kali kunjungannya ke Kota Batu tidak ingin melewatkan untuk berkuliner di Kota Batu. Terlebih kuliner yang tidak pernah tertinggal itu telur gulung dan sosis bakar.“Kalau minumannya itu jeruk peras, dan memang ini yang selalu jadi favorit saya kalau jajan di Alun-Alun Kota Batu,” ungkap Diah, Minggu (3/2/2019).

Ia mengatakan kuliner jajanan di Alun-Alun Kota Batu memiliki cita rasa yang berbeda dengan daerah-daerah lainya. Setiap kali mampir sugestinya selalu ingin menikmati jajanan tersebut. “Gak tau kenapa kok suka jajan di sini. Dan jajanan itu menjadi hal yang dirindukan, terlebih harganya juga terjangkau,” imbuhnya.

Ya setiap kali datang ke Alun-Alun Kota Batu pembeli yang ingin menikmati telur gulung terlihat mengantre. Terlebih jika membeli saat weekend, antrian panjang juga pada deretan sosis bakar atau lok-lok.

Seperi sosis bakar atau lok-lok yang merupakan jajanan khas Malaysia itu menjadi makanan favorit karena memang rasa dan variannya cukup banyak. Seperti gurita, cumi-cumi, tuna, dan sebagainya.

Harganya berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per bijinya. Selain itu jajanan telur gulung yang juga menjadi favorit itu karena gurih. Untuk harga telur gulung itu per bijinya Rp 2 ribu. Terkadang ada juga untuk per porsinya Rp 10 ribu isinya ada 6 tusuk. “Apalagi itu kalau dimakan waktu hujan-hujan, tambah enak. Ditambah jika dicocol sama saus sambal akan terasa lebih nikmat,” ucap Perempuan 22 tahun ini.

Terpisah Andrian Atmaja warga Jakarta mengaku suka dengan jajanan kuliner seperti lok-lok. Karena memiliki banyak varian dan cita rasa khas tersendiri. “Enak aja kalau makan jajanan lol-lok. Karena gak semua daerah itu ada. Dan saya ke sini sudah ke 2 kalinya dan selalu menyantap jajanan ini,” terang Andrian. 

Sedangkan para PKL di Alun-Alun Kota Batu menyajikan beragam makanan ringan hingga berat. Mulai dari cilok, jagung serut, lok-lok, telur gulung, cilok, jeruk peras, ice gulung, lalapan, sate, nasi goreng, dan beragam kuliner lainnya. 

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Batu TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top