Demi Adipura 2019, Rp 5 Miliar Digelontorkan Lengkapi Kekurangan Fasilitas

Papan penunjuk area zona aktif pembuangan sampai di TPA Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Papan penunjuk area zona aktif pembuangan sampai di TPA Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

JATIMTIMES, BATU – Tahun 2018 Pemkot Batu tidak berhasil meraih penghargaan Adipura. Kota Batu hanya menerima sertifikat Adipura.

 Rupanya hal tersebut membuat Pemkot Batu gregetan. Karena itu, tahun ini anggaran Rp 5 miliar disiapkan  untuk melengkapi beragam fasilitas demi meraih Adipura.

Fasilitas itu meliputi pembangunan tempat pencucian truk sampah, pembelian jembatan timbang dan mesin insenerator. Untuk mesin insenarator, anggarannya sebesar Rp 5 miliar. Lalu jembatan timbang dan pembangunan tempat pencucian truk sampah dianggarkan Rp 300 juta. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, fasilitas itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya mesin insenarator merupakan mesin untuk mengolah sampah residu atau sampah yang tidak bisa didaur ulang.

“Kemudian jembatan timbang berfungsi menimbang sampah yang masuk setiap harinya di tempat pembuangan akhir (TPA)  Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo,” kata Arief.

Tempat pencucian truk sampah disediakan agar truk yang sudah digunakan untuk mengangkut sampat bersih ketika meninggalkan TPA. “Supaya nanti waktu mengangkut sampah di tempat pembuangan  sampah sementara (TPS) dan di jalan orang enak lihatnya,” imbuhnya. 

Fasilitas itu nantinya akan memenuhi TPA. Sebab, yang menjadi salah satu penilaian yang kurang itu salah satunya terkait dengan TPA.

“Kementerian Lingkungan Hidup menilai banyaknya kekurangan di pengelolaan limbah sampah di TPA Tlekung. Sehingga tahun ini kami melengkapi dengan fasilitas ini,” ujar mantan camat Batu ini.

Menurut Arief,  tahun 2019 Kota Batu  harus bisa meraih Adipura dengan mengevaluasi kekurangan yang menjadi penilaian saat itu. “Kami mengevaluasi apa saja kekurangan. Dari situ, menjadi patokan kita untuk melengkapi fasilitas yang kurang dan berharap bisa mendapatkan Adipura,” ujarnya.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top