Bangun 9 Jembatan, Pemkab Blitar Anggarkan Rp 13 Miliar

Ilustrasi.(Foto : Kabar6)
Ilustrasi.(Foto : Kabar6)

JATIMTIMES, BLITAR – Pemerintah Kabupaten Blitar tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur dalam program kerjanya tahun ini. Prioritas termasuk pembangunan jembatan di beberapa wilayah Kecamatan. 

Pembangunan jembatan ini penting untuk meningkatkan akses transportasi dan meningkatkan perekonomian warga.

Kepala Bidang Jembatan dan Peralatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blitar, Sugeng Winarno, menjelaskan pafa tahun ini pihaknya membangun 9 proyek jembatan baru dengan total nilai kontrak Rp 13 miliar. 

Jumlah anggaran ini naik dimana pada tahun 2018 hanya Rp 5,2 miliar.''Tahun ini anggaran perbaikan jembatan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Anggaran sebesar itu nantinya digunakan untuk memperbaiki 9 jembatan di sejumlah tempat. Di antaranya jembatan Kali Bogel, jembatan Karang Desa Bendosari, dan beberapa tempat di tempat lain,'' jelas Sugeng Winarno.

Dikatakannya, sejumlah jembatan yang akan diperbaiki tahun ini, kondisinya rusak berat atau parah. 

Pembangunan jembatan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan merupakan proyek yang besar karena pengerjaannya dilakukan pembangunan ulang.

Dari segi jumlah jembatan yang bakal diperbaiki atau dibangun, tahun ini sejatinya lebih sedikit jika dibandingkan tahun sebelumnya. 

Tahun ini hanya 9 jembatan. Sedangkan tahun sebelumnya 14 jembatan. 

Hanya saja, pembangunan atau perbaikan jembatan pada tahun lalu berupa perbaikan sedang dan ringan. Yakni berupa pembangunan jembatan menggunakan pelat duiker. 

''Tahun ini, meski jumlah jembatan yang diperbaiki sedikit, masuk kategori jembatan besar,'' tukasnya.

Meski demikian, sampai sekarang perbaikan jembatan belum dimulai. Sebab sampai sekarang masih belum dilakukan lelang untuk menunjuk rekanan. 

''Masih dilakukan penunjukan konsultan perencana. Setelah itu baru dilakukan lelang,'' pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top