PTPN XII Kembali Tegaskan Dukung Pengembangan Bandara Jember

Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat foto bersama petinggi PTPN XII  di Aula Tamyaloka Pendapa Jember. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat foto bersama petinggi PTPN XII di Aula Tamyaloka Pendapa Jember. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JATIMTIMES, JEMBER – Apa kabar pengembangan Bandara Notohadinegoro Jember? Tentu publik Jember bertanya-tanya kelanjutan pengembangan Bandara Notohadinegoro menjadi sub-embakasi haji antara.

Terkait hal itu, Rabu (6/2/2019) sore jajaran direksi PTPN XII yang dipimpin langsung oleh Dirut PTPN XII Achmad Holidi bertemua Bupati Jember dr Hj  Faida MMR. Pertemuan tertutup selama hampir dua jam itu  membicarakan kelanjutan pengembangan bandara yang ditargetkan pada 2020 sudah bisa dioperasionalkan menjadi sub-embakasi haji antara. Pada tahun ini sudah pada tahap pengerjaan area di dalam bandara. 

“Kedatangan kami ke sini adalah ingin memberikan dukungan kepada pemerintah daerah terkait pengembangan Bandara Jember. Terlebih banyak aset milik PTPN XII yang ada di Jember. Termasuk warga Jember yang menjadi bagian dari PTPN juga merupakan aset kami. Sehingga kami harus mendukung program pemerintah daerah, termasuk Bandara Jember yang ada di dalam aset milik PTPN,” ujar Direktur Utama PTPN XII Achmad Holidi. 

Dalam kesempatan tersebut, Holidi juga menyampaikan bahwa dukungan terhadap pengembangan Bandara Jember juga diwujudkan dari status tanah yang semula hak guna usaha (HGU) menjadi hak pengelolaan lahan (HPL). Perubahan ini untuk memberikan keleluasaan kepada pihak pengelola bandara dalam hal ini Angkasa Pura. 

“Khusus untuk Bandara Notohadinegoro, memang ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Namun prinsipnya, kami selalu mendukung kebijakan bupati soal ini. Seperti halnya soal status tanah, saat ini kami masih memproses peralihan statusnya dari HGU menjadi HPL  sehingga akan mempermudah proses pembangunan Bandara Notohadinegoro selanjutnya,” ucapnya. 

Sedangkan untuk soal dukungan lain dari realisasi pengembangan bandara, Kholidi menegaskan bahwa pihaknya akan siap kapan saja jika diperlukan untuk dukungan, termasuk rencana pengembangan bandara, yang nantinya akan dihandel langsung oleh pihak Angkasa Pura II. 

“Master plan ada di Angkasa Pura II, sehingga kami akan menunggu tindak lanjutnya. Tapi yang jelas, kami akan mendukung apa pun kebijakan pemerintah nantinya. Apalagi dampak positif dari pengembangan bandara ini yang akan menjadi bandara embarkasi haji akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan percepatan pembangunan di Kabupaten Jember ini,” tambahnya. 

Bupati Faida dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan pentingnya sinergitas. “Produk PTPN XII ini kan banyak. Karyawan mereka adalah masyarakat kita. Jadi, sinergi ini sangat dibutuhkan untuk pembangunan di Kabupaten Jember,” pungkasnya. 

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top