6 Fenomena Ilmiah yang Telah Termaktub dalam Al-Quran

Foto istimewa
Foto istimewa

JATIMTIMES, MALANG – Salah satu keajaiban Al-Quran adalah terpeliharanya keaslian isi Al-Quran. Isi Al-Quran tidak berubah sedikitpun sejak pertama kali diturunkan pada malam 17 Ramadhan 14 abad yang lalu hingga saat ini. Keajaiban lainnya, beberapa ilmuwan menemukan fakta yang ternyata telah termaktub dalam Al-Quran. Berikut ini 6 fakta ilmiah yang ada dalam Al-Quran.

1. Sungai di Bawah Laut

Pakar peneliti dunia bawah laut asal Meksiko Jacques-Yves Cousteau menemukan bahwa terdapat sungai di dalam lautan. Jadi akan ada bagian dari lautan yang mempertemukan antara air tawar dan asin. Sungai bawah laut tersebut terjadi karena terdapat perbedaan tekanan lapisan air.

"Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi." (Al-Furqan ayat 53)

2. Sidik Jari

Pola sidik jari selalu ada dalam setiap tangan dan bersifat permanen. Itu berarti dari bayi hingga  dewasa tidak akan berubah,  sebagaimana garis tangan. Kekhasan sidik jari ini telah disampaikan Al-Quran.

"Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?” (Al-Qiyamah ayat 3)

"Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.” (Al-Qiyamah ayat 4)

3. Berpasang-pasangan

Allah telah menciptakan segala sesuatunya secara berpasangan, termasuk berbagai partikel yang ada di bumi. Seorang ilmuwan asal Inggris Paul Dirac berhasil melakukan penelitian yang membuktikan bahwa materi diciptakan secara berpasangan. Terdapat proton dan neutron dalam elektron. Penemuannya dinamakan Parite.

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).” (Adz- Dzariyat ayat 49)

4. Tumbuhan Bertasbih

Sebuah majalah sains terkenal Journal of Plant Molecular Biologies mengungkapkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh tim ilmuwan asal Amerika Serikat tentang suara ultrasonik yang berasal dari tumbuhan.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor William Brown ini kemudian merekam dan menyimpan suara ultrasonik dari tumbuhan dan mengubahnya menjadi gelombang elektrik optik yang dapat ditampilkan ke layar monitor dalam bentuk rangkaian garis. Yang mengejutkan adalah, garis-garis tersebut membentuk lafadz Allah yang kemudian diketahui sebagai kalimat tasbih.

"Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." (Al-Isra ayat 44)

5. Fenomena Hujan Darah

Pada tahun 2008, hujan berwarna merah yang dipastikan oleh bakteriolog setempat sebagai darah jatuh pada sebuah kota kecil di  La Sierra Choco, Columbia. Sebagian sampel diambil dan dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa air itu darah.

"Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa." (Al A’raaf ayat 133)

6. Ledakan Big Bang

Big bang merupakan sebuah peristiwa yang menyebabkan pembentukan alam semesta yang didasarkan pada kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta. Berdasarkan permodelan ledakan ini, alam semesta awalnya dalam keadaan sangat panas dan padat. Ia mengembang secara terus-menerus hingga hari ini.

Di antara teori penciptaan alam semesta yang lain, teori ini telah memberikan penjelasan paling komprehensif dan akurat yang didukung oleh metode ilmiah beserta pengamatan.

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Al-Anbiya ayat 30).

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top