Jelang Valentine, Order Mawar Membanjiri Petani Kota Batu

Salah satu tanaman bunga mawar di Lahan Dusun Santrean, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu tanaman bunga mawar di Lahan Dusun Santrean, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

JATIMTIMES, BATU – Bunga mawar masih identik dengan  lambang cinta dan kecantikan. Karena itu,  bunga tersebut menjadi pelengkap pada Hari Kasih Sayang atau Valentine yang bakal berlangsung 14 Februari mendatang. 

Mendekati Hari Valentine mendatang,  bunga mawar menjadi incaran berbagai kalangan di berbagai daerah. Tentunya, karena banyak dicari itu, berpengaruh pada harga jualnya.

Diperkirakan harga mawar akan mulai melambung pada 9-14 Februari mendatang. Harga bakal naik tiga kali lipat untuk jenis holland, berkisar Rp 3 ribu sampai Rp 3.500 per tangkai. 

“Kalau sekarang harganya masih normal, Rp 700 sampai Rp 1.000 per tangkainya. Momen Valentine itu menjadi berkah bagi petani bunga mawar,” ungkap Nur Aziz, petani Dusun Pager Gunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Ia menambahkan, untuk Valentine mendatang, sudah banyak pesanan. Order  tidak hanya datang dari Malang Raya, tetapi juga dari berbagai daerah.  “Kebanyakan yang pesan ini dari daerah Semarang, Surabaya, Solo, Jakarta, Bali, dan sebagainya,” imbuhnya Kamis (7/2/2019).

Aziz sendiri punya lahan seluas 1,5 hektare. Sedangkan  per hektare mampu memanen hingga 7-10 ribu tangkai.  Masa panen seminggu tiga kali. Karena itu, dia yakin  masih dapat memenuhi pesanan dari konsumen. 

Terlebih di Kota Batu ada kurang lebih 200-250 petani mawar. Lahan yang ditanami khusus bunga mawar seluas 75-80 hektare di Desa Gunungsari saja.  “Dengan demikian,  per hari kami  mampu mampu mengirim 125-150 ribu tangkai,” ucap pria 48 tahun ini. 

Menurut Aziz, meskipun saat ini musim hujan, produksi bunga mawar masih tetap stabil. Sebab, para petani berupaya memberikan perawat maksimal untuk momen Valentine. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top