Terima Langsung LHE AKIP dari KemenPAN-RB, Pemkab Jombang Raih Nilai B Plus

Mengenakan kerudung biru, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab berfoto bersama MenPAN-RB seusai menerima penilaian LHE AKIP. (Dokumentasi Humas dan Protokoler Pemkab Jombang)
Mengenakan kerudung biru, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab berfoto bersama MenPAN-RB seusai menerima penilaian LHE AKIP. (Dokumentasi Humas dan Protokoler Pemkab Jombang)

JATIMTIMES, JOMBANG – Pemerintah Kabupaten Jombang mendapat nilai B Plus pada Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) yang diberikan oleh Kementeri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia.

Penilaian LHE AKIP terhadap Pemkab Jombang ini, diberikan secara langsung oleh Menteri PAN-RB, Syafruddin di Ballroom Neptunus Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin, pada Rabu (6/2) kemarin.

Keberhasilan yang dicapai oleh Pemkab Jombang tersebut berkaitan dengan pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) selama 2018.

Menurut penjelasan Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, pelaksanaan SAKIP di pemerintahan Kabupaten Jombang tidak hanya sebatas laporan untuk menyampaikan capaian anggaran. Namun, melalui SAKIP ini sistem jalannya pemerintahan mulai perencanaan, penganggaran hingga pemanfaatan terkoneksi dalam satu sistem.

"Sistem pemerintahan ini harus ter-planning, budgeting, lalu sampai ke pemanfaatannya. Jadi dalam hal ini, mulai hulu ke hilir," ujar Bupati saat ditemui di Pendopo Kabupaten Jombang, pada Kamis (7/2) sore.

Pelaksanaan SAKIP ini, diterangkan Bupati, sudah dimulai sejak 2014 lalu. Hal itu berlandaskan amanat Undang-Undang No. 47/2013 tentang keuangan negara, PP No. 8/2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah, dan PP No. 29/2004 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), 

"SAKIP itu kebutuhan bukan kewajiban. Ini untuk mencapai titik transparansi, kinerja yang sungguh-sungguh. Yang ujungnya nanti untuk kesejahteraan masyarakat," tutur Mundjidah.

Pada kesempatan ini, Pemkab Jombang mendapat penilai B Plus pada pelaksanaan SAKIP 2018. Ditargetkan Mundjidah, pada tahun berikutnya pelaksanaan SAKIP diharapkan bisa mencapai penilaian yang lebih tinggi.

Mengingat, di bawah kepemimpinan Mundjidah, sistem pemerintahan di Jombang sudah diintegrasikan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dipantau langsung kinerjanya melalui Command Center.

"Jombang masih mendapat nilai B Plus, 2019 kita harus meningkat penilaiannya menjadi BB. Untuk itu, semua OPD harus terintegrasi program-programnya. Tidak boleh ego sektoral," tutupnya.(*)

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top