SMPN 6 Kota Blitar Siap Ikuti UNBK

Kepala SMPN 6 Kota Blitar Hari Purwani.(Foto : Team BlitarTIMES)
Kepala SMPN 6 Kota Blitar Hari Purwani.(Foto : Team BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Pemerintah Kota Blitar memastikan siswa SMP kelas IX bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah masing-masing. Sebab, tahun 2018 lalu belum semua SMP di Kota Blitar bisa melaksanakan UNBK secara mandiri karena belum memiliki komputer untuk ujian.

Dampaknya, SMP yang belum memiliki komputer sendiri terpaksa menempatkan siswanya ke sekolah lain yang memiliki piranti komputer untuk melaksanakan ujian. Seperti yang dialami SMPN 6 Kota Blitar tahun 2018 kemarin saat pelaksanaan UNBK. 

Saat itu, sekolah tidak memiliki piranti komputer sendiri untuk ujian. Kemudian, siswa kelas IX SMPN 6 Kota Blitar peserta UNBK harus diungsikan ke SMKN Islam Kota Blitar untuk melaksanakan ujian.

"Alhamdulillah tahun ini kami SMP 6 sudah punya komputer sendiri untuk UNBK tahun ini. Kami mendapatkan anggaran dari Dinas Pendidikan dan dana BOS untuk pengadaan komputer," kata Kepala SMPN 6 Kota Blitar Hari Purwani saat dihubungi BLITARTIMES di kantornya, Jumat (08/02/2019).

Menurut Hari, sekitar 80 unit komputer dengan nilai anggaran sebesar Rp 130 juta telah siap digunakan untuk ujian. Pengadaan sekitar 80 piranti komputer itu melalui APBD 2018. Namun, realisasi pengadaan barang selesai sesudah pelaksanaan UNBK 2018.

Kendati begitu, sambung dia, sebanyak 80 komputer itu disinyalir belum mencukupi banyaknya peserta ujian. Akhirnya, kata Hari, untuk mencukupi kekurangan komputer, peserta ujian diberi fasilitas tambahan komputer atau piranti laptop milik guru.

Di SMPN 6 Kota Blitar, siswa kelas IX peserta UNBK mencapai  sekitar 700 orang. Sementara pelaksanaan dibagi menjadi tiga sesi.

"Sesi pertama dimulai pukul 07.30 sampai 09.00. Sesi kedua pukul 09.30 sampai pukul 11.00. Terakhir, sesi ketiga dilaksanakan pukul 12.30 sampai jam 14.00 WIB. Oleh karena itu, 80 komputer tadi untuk siswa dibagi tiga sesi belum cukup. Maka, nanti pakai laptop dari guru," sambung dia.

Pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat tahun 2019 akan dilaksanakan pada bulan April. Mata pelajaran yang diujikan meliputi matematika, IPA, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top