Bawaslu Kabupaten Blitar Buka Pendaftaran 4.753 Pengawas TPS

Ilustrasi.(Foto : Ist/Gatra)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Gatra)

JATIMTIMES, BLITAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar akan merekrut 4.753 Pengawas TPS untuk mengoptimalkan pengawasan Pemilu dan Pilpres 2019. Pendaftaran pengawas TPS secara resmi dibuka pada 11-21 Februari 2019 nanti di seluruh sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Blitar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahudin mengatakan, pengawas TPS nantinya menjadi tulang punggung dan ujung tombak dalam pengawasan ditingkat TPS saat pelaksanaan pemilu. Oleh sebab itu harus memiliki integritas dan komitmen terhadap tugasnya. 

"Pengawas TPS memiliki peran yang sangat penting. Mereka menjadi ujung tombak pengawasan saat pelaksanaan pemilu di masing-masing TPS. Untuk itu kami berharap bagi yang nanti mendapat amanah ini untuk bekerja sesuai tugasnya. Memiliki integritas dan komitmen yang tinggi," ungkap Hakam, Jumat (8/2/2019).

Dikatakannya, pelaksanaan rekrutmen pengawas TPS ini akan dilakukan langsung oleh Panwascam. Sehingga Bawaslu Blitar  mewanti-wanti  agar perekrutan pengawas TPS dilakukan sesuai  persyaratan yang telah ditetapkan. "Persyaratan yang ditetapkan harus dipenuhi," tambah dia. 

Adapun persyaratan untuk menjadi pengawas TPS antara lain, WNI, berdomisili di desa setempat, usia paling rendah 25 tahun, setia kepada Pancasila, UUD, Bhinekka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi, tidak pernah dipidana, bersedia mengundurkan diri dari ormas yang diikuti, bukan anggota ataupun pengurus partai politik, minimal tamatan SMA. “Ya, minimal mengetahui hal kepemiluan,” tuntasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top