Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Cegah Wabah DBD, Warga Desa Sumberjati Blitar Gelar Pemberantasan Sarang Nyamuk

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Feb - 2019, 19:52

Placeholder
Kekompakan warga Desa Sumberjati berantas sarang nyamuk (Foto : Team BlitarTIMES)

Semakin tingginya wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) di sejumlah daerah di Kabupaten Blitar, membuat warga Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, melakukan aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) sebagai bentuk pencegahan.

Gerakan perang melawan demam berdarah ini antara lain melibatkan juru pemantau jentik (Jumantik), Bidan Desa, Perangkat Desa, PKK dan juga Karang Taruna Desa Sumberjati.

Dipimpin langsung Bidan Desa Sumberjati, Sri Utami (35) aksi itu dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga, dan mengecek langsung beberapa tempat yang diduga menjadi sarang nyamuk. Seperti genangan air di kaleng-kaleng sampah, ban bekas, bak penyimpanan air, talang air dan lainnya.

"Kegiatan hari ini sesuai dengan kesepakatan kita kemarin, kita melaksanakan PSN serentak di RW 4 yaitu wilayah Dusun Ringinanom," ungkap Sri Utami, Jumat (8/2/2019).

Utami mengungkapkan, kegiatan grebek PSN ini akan dilaksanakan setiap seminggu sekali, mengingat di pertengahan musim penghujan seperti sekarang menyebabkan genangan-genangan yang menjadi sarang nyamuk. Selain itu, pola hidup masyarakat yang kurang bersih juga akan menambah sarang nyamuk aedes aegypti.

"Hasilnya ternyata beberapa rumah masih terdapat jentik-jentik nyamuk, baik di dalam maupun di luar rumah. Jentik nyamuk ditemukan di tempat-tempat penampungan yang mungkin selama ini tidak terdeteksi, misalnya botol bekas air mineral yang ada di luar dan beberapa tempat kita temui," katanya.

Dari pemeriksaan bak penampungan air di beberapa rumah warga hasilnya memang positif terdapat jentik. Sehingga, para petugas mengimbau warga perlu adanya penggantian air atau pemberian ikan pada bak-bak penampungan air. Pemberantasan sarang nyamuk secara serentak ini dapat memperkecil ruang perkembangbiakan jentik nyamuk.

Dalam kesempatan tersebut, Utami juga mengimbau pada masyarakat, untuk melaksanakan PSN secara mandiri. Minimal di rumah sendiri untuk membersihkan tempat potensi bersarangnya jentik nyamuk.

"Kita juga mengimbau melalui ketua RT dan RW untuk mengajak dan menggugah masyarakat, untuk sama-sama memberantas sarang nyamuk dengan 3M. Ini merupakan cara yang paling efektif," tutupnya.(*)


Topik

Kesehatan berita-blitar Warga-Desa-Sumberjati-Blitar- Gelar-Pemberantasan- Sarang-Nyamuk



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni