Hidupkan 60 Koperasi Tak Sehat, 15 Segera Gelar RAT

http://risetcdn.jatimtimes.com/images/2019/02/10/Hidupkan-60-Koperasi-Tak-Sehat-15-Segera-Gelar-RATd10811a04668919f.jpg
http://risetcdn.jatimtimes.com/images/2019/02/10/Hidupkan-60-Koperasi-Tak-Sehat-15-Segera-Gelar-RATd10811a04668919f.jpg

JATIMTIMES, BATU – Tercatat ada sebanyak 60 koperasi tidak sehat  di Kota Batu. Data itu tercatat Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu hingga awal tahun 2019 ini. Untuk saat ini koperasi yang ada di Kota Batu totalnya ada 198 koperasi. 

Sekretaris Diskumdag Kota Batu Hari Susetya mengatakan, dari 198 itu, untuk 134 koperasi aktif dan sisanya 60 koperasi tidak aktif atau tidak sehat. “Kami telah memanggil 60 koperasi, kemudian kami berikan pembinaan dan segera melalukan rapat anggota tahunan (RAT),” kata Hari.

Akan tetapi dari 60 koperasi yang tidak sehat itu hanya 15 koperasi yang bakal melakukan RAT pada bulan Februari ini.  Sisanya belum diketahui. 

Hari lantas menyebutkan sebab sejumlah koperasi tidak aktif atau tidak sehat itu kaerna  persaingan hingga hadirnya badan usaha milik swasta yang mengancam koperasi.

Dia juga menyebutkan, koperasi yang tidak aktif ini sudah tidak melaksanakan Rapat Akhir Tahun (RAT). “Karena RAT ini merupakan indikator jika koperasi masih aktif. Dan kita terus melakukan pengawasan dan pendataan, juga untuk menghindari yang abal-abal,” imbuhnya. 

Dia menambahkan, kemudahan yang diberikan oleh badan usaha milik swasta itu seperti persyaratan yang lebih mudah. Oleh karena itu juga, koperasi harus bisa memberikan kemudahan seperti dalam hal simpan pinjam.

“Kehadiran badan usaha milik swasta itu mengancam koperasi, karena mereka memberikan kemudahan-kemudahan dalam pengurusan administrasi bagi konsumen,” tutup Hari.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top