Garapan Tak Sesuai Spek, Gapensi Kota Batu Dukung Langkah Pemkot Blacklist Rekanan Nakal

Salah satu pengerjaan pengaspalan jalan oleh rekanan di Desa Beji, Kecamatan Junrejo.
Salah satu pengerjaan pengaspalan jalan oleh rekanan di Desa Beji, Kecamatan Junrejo.

JATIMTIMES, BATU – Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso meminta Badan Pimpinan Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Batu untuk menindaktegas kontraktor yang pekerjaannya tidak sesuai spesifikasi.

Punjul mengatakan jika ada kontraktor atau badan usaha yang mendapatkan proyek pengerjaan di Kota Batu terdapat kecurangan maka Gapensi Kota Batu wajib mengontrolnya.

“Rekanan yang nakal, misalnya jalan hotmix untuk spesifikasinya ketebalan berapa tapi dikurangi. Termasuk proyek gedung yang spesifikasinya terkadang enggak sesuai,” kata Punjul. 

“Nah kalau bisa ke depan BPC Gapensi Kota Batu mengkontrol pengerjaan dari rekanan khususnya yang digarap anggota Gapensi,” imbuhnya saat menghadiri Musyawarah Kerja Cabang I (Mukercab) Gapensi Kota Batu.

Menurutnya, jika ada rekanaan atau kontraktor yang tidak memenuhi aturan itu maka dilaporkan. Tentunya agar menjadi pembelajaran bagi mereka dan rekanan lain.

“Kontraktor yang tidak sesuai dengan aturan langsung aja dilporkan agar menjadi pembelajaran atau hukuman supaya menjadi lebih baik,” tambah pria yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu ini. 

Jika rekanan tergabung dalam keanggotaan Gapensi Kota Batu maka lembaga ini harus ikut andil mengingatkan karena pembangunan juga akan dinilai masyarakat. 

“Gapensi Kota Batu harus menjewer rekanan nakal dan memberikan pembinaan agar ke depan apa yang mereka kerjakan sesuai prosedur dan spek yang ada,” ucapnya. 

Sementara itu Ketua BPC Gapensi Kota Batu Hendra Angga Sonatha menambahkan pihaknya akan memberikan peringatan jika pelanggaran-pelanggaran spek dan pekerjaaan rekanan tidak sesuai ketentuan. Karena hal itu menyangkut fasilitas masyarakat.

Sejak 3 tahun berdiri BPC Gapensi Kota Batu memiliki 40 anggota terdiri dari 35 CV dan 5 PT.

“Kalau itu anggota kami tentu akan kami berikan pembinaan bahkan kalau perlu di-blacklist,” ancam Angga. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top