Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Peringati Pemberontakan PETA, Pemkot Blitar Gelar Drama Kolosal ‘Api Revolusi di Bumi Pertiwi’

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Feb - 2019, 15:03

Placeholder
Pementasan drama kolosal pemberontakan PETA.(Foto : Team BlitarTIMES)

Memperingati hari pemberontakan PETA ke-74, Pemerintah Kota Blitar menggelar drama kolosal, Kamis (14/2/2019). Bertempat di monument PETA, Jalan Soedanco Soeprijadi, drama kolosal tahun ini mengusung tema ‘Api Revolusi di Bumi Pertiwi.

Digelar setiap tahun, drama kolosal memperingati pemberontakan PETA ini menjadi salah satu agenda tahunan Kota Blitar. Dan menjadi daya tarik masyarakat setiap tanggal 14 Februari

Wakil Walikota Blitar Santoso mengatakan, setiap tahunnya seluruh warga Kota Blitar memperingati pemberontakan PETA. Karena pemberontakan PETA merupakan peristiwa besar. Dimana pada saat itu tentara PETA yang dipimpin Supriyadi memiliki andil besar dalam mewujudkan kemerdekaan. 

"Pemberontakan PETA ini memang sudah sepatutnya kita peringati bersama. Karena pemberontakan PETA merupakan peristiwa besar yang pernah terjadi di Kota Blitar, " ungkap Santoso.

Dikatakannya, pemberontakan PETA terhadap tentara Jepang 74 tahun lalu,  harus dijadikan inspirasi seluruh bangsa Indonesia untuk terus berubah ke arah yang lebih baik. Tak terkecuali warga Kota Blitar. Utamanya generasi muda Kota Blitar untuk memiliki semangat perjuangan seperti Supriyadi.

"Generasi muda penerus bangsa harus menjadikan peringatan pemberontakan PETA sebagsi pelecut semangat membangun dan berkarya untuk bangsa dan negara Indonesia, seperti semangat Supriyadi melawan penjajah. Dengan peringatan ini kita berharap semangat Supriyadi akan memberikan teladan, spirit dan inspirasi bagi generasi penerus bangsa," tambahnya.

Melibatkan sebanyak ratusan pelajar drama kolosal dipadu konsep tata lampu artistik, flare dan kembang api, yang membuat suasana pementasan semakin syahdu.  Tak heran ratusan warga  hadir untuk menyaksikan secara langsung  pementasan drama kolosal tersebut. Tak hanya warga Kota Blitar namun juga ada beberapa penonton dari daerah lain yang sengaja datang ke Kota Blitar untuk menonton drama kolosal ini.

"Saya suka karena pementasan drama kolosal sangat atraktif, saat menyimak kita seperti diajak flash back melihat perjuangan tentara PETA secara langsung," ungkap Sintya, salah satu warga Kota Blitar yang menyaksikan pementasan drama kolosal PETA.(*)


Topik

Peristiwa blitar berita-blitar Peringati-Pemberontakan-PETA Drama-Kolosal-‘Api-Revolusi-di-Bumi-Pertiwi’



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni