Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

DLH dan Disperkim Kerahkan Puluhan Armada Truk, Evakuasi Pohon Tumbang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

19 - Feb - 2019, 17:37

Placeholder
Petugas yang mengevakuasi pohon beringin besar dengan menyeret menggunakan truk kontaktor (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang hari ini sibuk mengevakuasi sejumlah pohon tumbang di beberapa titik kawasan Kota Malang. 


Dalam pembersihan itu, dua truk konvaktor dan satu mobil dump truck milik DLH Kota Malang dikerahkan untuk mengevaluasi sebuah pohon beringin besar yang tumbang menimpa warung kopi dan tujuh kendaraan di Jl Wahidin.


Di sana petugas DLH Kota Malang memindahkan pohon beringin tersebut dengan cara menyeretnya menggunakan truk konvektor agar lebih mudah untuk dievakuasi.


"Dahan ini nantinya kita potong-potong dulu agar lebih mudah dibuang ke TPA Supit Urang. Dan pohon besar sengaja ditarik dengan truk agar nantinya dalam upaya pembersihan sekitar kawasan yang tertimpa lebih mudah," kata  Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DLH Kota Malang Joao Maria Gomes (19/2/2019).


Untuk jumlah personel, DLH Kota Malang menururnkan 40 personel.  Mereka menyebar ke beberapa titik. 


Sementara itu, Suyitno, ketua tim 1 perawatan pohon dan penebangan pohon Disperkim Kota Malang, menjelaskan bahwa pihaknya menerjunkan sembilan armada, baik itu dump truck ataupun truk forklift untuk bisa mengevakuasi pohon-pohon tumbang di beberapa titik.

Petugas Disperkim Kota Malang sendiri telah disebar ke enam titik untuk berupaya mengevakuasi pohon tumbang. "Jadi, petugas mengutamakan yang urgen,  di mana yang sekiranya butuh cepat. Seperti di kawasan Jalan dr Cipto ini mendapat penanganan agar lalu lintas segera lancar. Kemudian kabel-kabel yang tertimpa bisa diperbaiki oleh petugas," jelasnya.

Setelah selesai  titik di Jalan dr Cipto, pihaknya bakal segera melapor evakuasi pohon di Jalan Kartini. Di sana terdapat sebuah mobil yang tertimpa. Setelah itu, pihaknya akan terus melakukan evakuasi pada titik lain yang dirasa perlu.

"Untuk Disperkim dibagi menjadi dua tim. Satu timnya ada tujuh sampai delapan orang. Semua ikut melakukan evakuasi, termasuk ada dari petugas penanaman  serta dari petugas dinas lain," pungkasnya


Topik

Pemerintahan berita-malang DLH-dan-Disperkim- Kerahkan-Puluhan- Armada-Truk



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy