Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sejak Lahir Langsung Bisa Membuka Mata, Inilah Lala Si Gadis Cilik Bermata Biru di Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Feb - 2019, 14:35

Placeholder
Lala dan ibunya Hermiati menunjukkan kedua matanya di rumahnya Jalan TVRI/Klengkeng gang 3, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Lala panggilan dari Arinda Viona Kaela Marsya siswi kelas I SDN Oro-Oro Ombo 2 Kota Batu. Yang unik dari anak ini adalah sejak lahir Lala memiliki mata berwarna biru layaknya seperti bule.

Tapi Lala bukan terlahir dari bapak atau ibu bule namun asli dari Kota Batu: Memiliki mata berwarna biru itu merupakan keturunan dari ibunya yakni Hermiati yang juga memiliki warna mata berwarna biru.

Hanya saja mata Hermiati itu salah satu sebelah kanan setengah masih terdapat hitam. Akan tetapi mata lala ke duanya dianugerahi berwarna biru.

“Kalau Lala keduanya itu sempurna berwarna biru, tapi kalau saya yang kanan ini separuhnya warna hitam,” ungkap Hermiati, Kamis (21/2/2019). 

Lala merupakan gadis cilik dengan paras ayu yang periang. Ia dilahirkan di Kota Batu pada 21 Maret 2012 silam dengan proses persalinan normal di Rumah Sakit Baptis Kota Batu. 

Hermiati menceritakan saat dirinya usai melahirkan Lala saat itu, anak keduanya itu lahir langsung bisa membuka mata. Ya ia menyadari bahwa kedua mata anaknya itu mendapatkan keturunan darinya.

Sebab anak pertamanya memiliki warna mata yang normal. Bahkan ia tidak terfikirkan akan mendapatkan keturunan dengan mata sama sepertinya.

“Lahir buka mata itu warna ungu muda. Kemudian dokter khawatirkan ada gangguan pengelihatan katarak atau apa,” ujarnya saat ditemui di rumahnya Jalan TVRI/Klengkeng gang 3, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. 

“Kata dokter setelah 40 hari harus segera kembali dan diperiksakan. Lalu satu malam setelah memberikan asi kok tiba-tiba pigmen warna ungu jadi biru seperti saya,” ucap perempuan 87 tahun.

Seketika saat memberikan asi lanjut lulusan SMKN 3 Malang itu, kaget mengetahui mata anaknya berubah menjadi warna biru. 

“Saya juga takut setelah 4 hari saya Uji lab, ke Rumah Sakit Umum Kota Batu karena di sana punya peralatan lengkap untuk anak usia segitu. Dan ternyata hasilnya normal,” imbuhnya. 

Setelah mengetahui uji laboraturium itu normal, tentunya ia merasa lega. Memasuki dunia sekolah tepat taman kanak-kanak rupanya memiliki mata berwarna biru banyak orang yang mempertanyakan.

“Dulu pertama sekolah karena guru baru kenal bilang, dek kalau sekolah softlensnya dilepas sakit nanti. Lalu Lala bilang ke saya, ke esokan harinya saya memberitahukan kepada gurunya,” tambah Hermiati.

Selain itu saat bertemu orang Lala juga sering menundukkan kepalanya, karena menjadi banyak perhatian orang. Seiring berjalananya waktu Lala pun pelan-pelan diajak ke tempat keramaian untuk beradaptasi.

“Akhirnya sekarang kalau ketemu orang sudah biasa saja. Meskipun hingga saat ini setiap kali bertemu orang menjadi sorotan,” terangnya.

Hal yang sama juga dirasakan Hermiati sejak kecil hingga saat ini. Terlahir dari kedua orangtuanya yang memiliki mata yang normal, sering kali banyak yang bertanya terkait dengan matanya. 

Sebagai penjual nasi orang, terkadang ada beberapa orang yang sampai memberitahu agar saat memasak nasi goreng tidak mengenakan softlens karena membayakan.

“Ya saya jawab iya saja, supaya nanti orangnya gak kepo (kepingin tahu). La kok ke esokan harinya orangnya beli nasi goreng lagi dan bilang seperti itu,” tutup istri Yoto ini. 


Topik

Peristiwa batu berita-batu Lala-Si-Gadis-Cilik-Bermata-Biru Arinda-Viona-Kaela-Marsya Siswi-SDN-Oro-Oro-Ombo-2



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni