Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkot Batu Turun Langsung ke Masyarakat Gelar Kegiatan Kreatif Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

21 - Feb - 2019, 18:59

Placeholder
Salah satu kegiatan kreasi tempat sampah oleh pelajar Kota Batu dalam HPSN di Megastar Indonesia Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu Kamis (21/2/2019). (Foto: ist)

Beragam cara dilakukan Pemkot Batu untuk merayakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Mulai dari pembagian totebag, tumbler, kreasi tempat sampah, penanaman seribu pohon, hingga pelepasan satwa yang berpusat tempat wisata Megastar Indonesia, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu Kamis (21/2/2019).

Pohon yang ditanam itu kurang lebih ada seribu pohon. 

Kegiatan itu melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), penggerak lingkungan hidup, hingga pelajar se Kota Batu.

Selain itu beragam penghargaan juga diberikan kepada berbagai pihak mulai penghargaan sekolah budaya lingkungan (adiwiyata) tingkat kota kepada SDN Sumbergondo 2, SDN Pandanrejo 2, SDN Torongrejo 3, tingkat provinsi oleh SDN Gunungsari 3, dan SDN Mojorejo 1. Untuk penghargaan tingkat nasional diberikan kepada SD Muhammadiyah 4. 

Digelar juga beberapa perlombaan di antaranya, lomba taman pedestrian yang dimenangkan oleh Faizah Tri Rakhmawati (Juara 1), Duriat Permana Sugiharto (Juara 2), Sugiono (Juara 3), Taufik Abdul Rauf (Harapan 1), Galih Rakasiwi (Harapan 2) dan Darmawan (Harapan 3). Ada juga lomba kreasi 1000 tong sampah. 

Untuk menghargai komitmen kepada stakeholder di Kota Batu juga diberikan penghargaan kepada Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto SIK M.Si sebagai bapak penggerak lingkungan.

Lalu penghargaan kepada Sabers Pungli (Sapu Bersih Nyemplung Kali) sebagai penggerak masyarakat yang berkontribusi besar menjaga kebersihan. 

Penghargaan juga diberikan kepada Kampung Lumbung sebagai hotel yang mempelopori penggunaan produk daur ulang. 

Sementara, penghargaan juga diberikan kepada Klub Budang sebagai juara palaku usaha dalam ketaatan lingkungan. 

Selain itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemkot Batu dengan penegak hukum Polres Batu. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini sengaja dikonsep lebih memggerakkan masyarakat langsung dengan pembagian totebag dan tumbler untuk mengurangi penggunaan kantong plastil dan pembelian air mineral dalam botol. 

“Hal ini dilakukan untuk membiasakan masyarakat menggunalan totebag untuk berbelanja. Dan selalu membawa air mineral dalam tumbler,” kata Dewanti. 

Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga lingkungan serta membangun kesadaran bersama agar tahun 2020 Kota Batu bebas dari sampah. 

“Sebagai upaya agar masyarakat dan pemerintah bersinergi dalam mengelola sampah. Semoga ke depan Kota Batu bisa bebas sampah,” harapnya. 


Topik

Peristiwa batu berita-batu Peringati-Hari-Peduli-Sampah-Nasional Pemkot-Batu-Turun-Langsung-ke-Masyarakat Gelar-Kegiatan-Kreatif-Ini



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto