Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bikin Petugas Pengamat Lebih Nyaman, Pos Pantau Gunung Api Ijen Diperbaiki

Penulis : Muhammad Hujaini - Editor : Yunan Helmy

22 - Feb - 2019, 14:12

Placeholder
Menteri ESDM Ignatius Jonan melihat bagian dalam gedung pos pengamat Gunung Api Ijen.

Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Ignatius Jonan meresmikan gedung baru pos pengamatan gunung api (PPGA) Gunung  Ijen, Jumat (22/2/19). Peremajaan PPGA ini dilakukan agar petugas pengamat gunung api lebih nyaman dalam melaksanakan tugasnya.

Menteri yang kerap disapa Jonan ini menyatakan, PPGA Gunung Ijen ini hanya diperbaiki infrastrukturnya. PPGA Gunung Ijen itu sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. Dia menyebut, tidak ada penambahan alat baru di tempat ini.  “Kalau yang sini sudah lengkap,” kata Jonan di sela-sela peresmian gedung baru PPGA Gunung Ijen.

Dia menyebut, petugas pos pengamat gunung api itu jarang bertemu orang. Di beberapa wilayah, lokasi PPGA bahkan jauh jaraknya dari permukiman warga. Selain itu, petugasnya biasanya seorang diri. Sehingga perbaikan gedung ini diharapkan bisa membuat petugas pengamat pos gunung api bisa lebih kerasan dan merasa lebih nyaman dalam menjalankan tugas.

Selain itu, lanjut Jonan, jika posnya kurang nyaman, dikhawatirkan output kerjanya bisa menurun. Kalau output kerja menurun, refleksinya bisa bermacam-macam. Di antaranya, informasi yang disampaikan kepada masyarakat kurang cepat. Laporannya juga tidak akurat.

“Padahal keakuratan dan kecepatan laporan tentang aktivitas gunung api ini sangat penting untuk meminimalisasi korban baik jiwa maupun harta benda,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, dia menambahkan, penambahan peralatan pengamatan gunung api akan dilakukan di PPGA Raung. Sebab, Gunung Raung pernah mengalami aktivitas yang tidak biasa. “Raung ditambah (alat baru) karena Raung mengalami aktivitas  yang di luar kebiasaan pada tahun 2015,” pungkasnya. 


Topik

Peristiwa banyuwangi berita-banyuwangi Pos-Pantau-Gunung-Api-Ijen-Diperbaiki meresmikan-gedung-baru-PPGA Menteri-Energi-dan-Sumber-Daya-Manusia-(ESDM)



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Hujaini

Editor

Yunan Helmy