Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dewan Nilai Pemkot Tak Serius Bangun Infrastruktur, Ini Kata Plt Wali Kota

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

22 - Feb - 2019, 19:46

Placeholder
Agus Zunaedi, Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar menilai pemerintah Kota Blitar kurang pro aktif dan tanggap menyelesaikan proyek fisik yang seharusnya realisai 2018 namun gagal, lantaran belum dan atau gagal lelang.

Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Agus Zunaeidi, mengatakan sejumlah proyek fisik yang dimaksud itu adalah proyek pembangunan fisik yang anggaran pembangunannya di atas dua ratus juta. Karenanya, dia meminta kecepatan pemerintah Kota Blitar untuk merespon persoalan tersebut.

Agus berpendapat, jika rencana pembangunan telah terbukti gagal realisasi karena belum dilaksanakan atau gagal lelang, harusnya pada bulan Januari 2019 pemerintah Kota Blitar sudah memproses pengerjaan pembangunan.

"Harusnya sudah start di bulan Januari. Bahkan sudah di 'dok' bisa. Lha sampek sekarang belum ada yang tayang. Nanti kalau terlambat lagi prosesnya, pengumuman lelangnya memakan waktu, lewat tahun,  terlambat lagi. Akhirnya sama saja kaya tahun-tahun kemarin. Sehingga saya lihat dari pemerintah (Kota Blitar) kurang tanggap, kurang cepat merespon. Penyerapan di tri wulan pertama ini Nol," ungkapnya kepada wartawan, Jumat (22/02/2019).

Agus merinci sejumlah proyek fisik yang tahun 2018 lalu gagal realisasi karena gagal lelang yakni, pembangunan Ruang Terbuka Hijau di lahan bekas kantor kelurahan Rembang, Pakunden dan Bendo. Kemudian ada pembangunan SMPN 3, jembatan kaca, fiber optik di Dinas Kominfotik (Komunikasi, Informasi dan Statistik), hingga pembangunan renovasi pasar Legi.

Akibatnya, tahun ini nyaris Pemkot Blitar tidak mempunyai ide pembangunan fisik yang baru, lantas harus mengulang mencoba menyelesaikan proyek yang ngadat di tahun kemarin.

"Catatannya, bahwa kegiatan fisik di tahun 2019 tidak lebih baik dari tahun 2017. Kami mendorong pemerintah untuk membuat regulasi untuk lancarnya proses pembangunan fisik," katanya.

Merespon sikap legislatif itu, Plt Wali Kota Blitar Santoso menyatakan pemerintah Kota Blitar telah mantap pada konsep masa awal pembangunan tahun ini.

Meski terkesan mengulang, dia menargetkan di tribulan pertama tahun 2019, beberapa proyek fisik yang gagal direalisasikan tahun 2018 lalu, akan selesai pada Maret 2019. "Oh iya, target saya pokok bulan Maret ini harus selesai," tandasnya.

Menurutnya, saat ini pembangunan Fiber Optik di Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik sudah mulai berjalan. Perihal berbagai perizinan untuk keperluan pembangunan juga sudah berproses. Melihat itu, dia optimis di bulan Maret segenap pembangunan proyek fisik bisa selesai.


Topik

Pemerintahan berita-blitar Dewan-Nilai-Pemkot-Tak Serius-Bangun-Infrastruktur



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya