Liburan ke Korea Utara, Ini 7 Peraturannya jika Ingin Bisa Pulang

Foto Istimewa
Foto Istimewa

JATIMTIMES, MALANG – Mungkin bagi sebagian orang, berlibur ke Korea Utara sama saja dengan "mencari mati". Itu karena Korea Utara memang negara yang sangat tertutup dan bisa dibilang sangat banyak peraturannya, Bahkan, warga  Korea Utara sendiri sangat takut.

Lalu bagaimana dengan turis? Tahukah kalian ternyata Korea Utara sudah mulai terbuka terhadap wisatawan asing. Namun aturan yang diberlakukan sangat banyak. Anda  tidak akan bebas melakukan hal-hal sesuka kalian seperti saat traveling di negara lain.

Kali ini MalangTIMES akan membahas 7 aturan traveling ke Korea Utara agar bisa pulang kembali.

1. Hanya Bisa Pakai Maskapai Koryo
 

Liburan-ke-Korea-Utara-Ini-7-Peraturannya-jika-Ingin-Bisa-Pulang1d6687ba87fa45eb0.jpg

Semua wisatawan, kecuali dari Amerika Serikat dan Israel, boleh berkunjung ke Korea Utara dengan menggunakan pesawat Koryo via Beijing, China, saja.

Jadi, kalau  ke Korea Utara, wajib hukumnya transit di Tiongkok. Tidak bisa direct dari negara Anda menuju ke Korea Utara.

2. Visa Turis dengan Banyak Aturan Wajib Diurus
 

Liburan-ke-Korea-Utara-Ini-7-Peraturannya-jika-Ingin-Bisa-Pulang200f23f89cc94e5e3.jpg

Pengajuan visa turis di Korea Utara hanya bisa sekali. Jadi, jika permohonan visa  diterima, Anda sudah mendapatkan paket lengkap, termasuk akomodasi, hotel, guide, paket makanan, dan biaya lainnya.

Hal tersebut dengan catatan negara tempat tinggal calon traveler punya hubungan diplomatik dengan Korea Utara yang ditandai dengan adanya kedutaan besar di negara tersebut.

Jadi, satu-satunya jalan agar bisa sampai di Korea Utara adalah dengan mendaftar paket wisata di agen-agen tur yang memang membuka paket tur ke Korea Utara. Intinya, kalian tidak bisa jalan-jalan sendirian ke Korea Utara. Harus dengan keluarga, teman, atau bahkan pacarnya loh guys.

3. Ke Mana-Mana Harus Didampingi Tour Guide Resmi Pemerintah
 

Liburan-ke-Korea-Utara-Ini-7-Peraturannya-jika-Ingin-Bisa-Pulang3139796d793c4e9cc.jpg

Saat mendarat di Korea Utara, Anda akan langsung mendapatkan guide resmi dari pemerintah. Ke mana saja Anda pergi, mereka wajib mendampingi. Bahkan, guide ini memberitahukan kepada turis kapan harus bangun pagi.

4. Selalu Minta Izin saat Ambil Foto atau Menyesal Seumur Hidup
 

Liburan-ke-Korea-Utara-Ini-7-Peraturannya-jika-Ingin-Bisa-Pulang4477d42f5866df18d.jpg

Sebenarnya kita bebas membawa kamera ke mana-mana selama di Korea Utara. Namun yang harus kalian ketahui adalah tidak semua tempat boleh diambil gambarnya. Ada tempat yang  bersifat privasi dan sangat haram hukumnya jika difoto.

Bahkan saat akan meninggalkan Korea Utara, akan ada petugas yang mengecek hasil foto Anda. Kalau ada yang melanggar, petugas akan menyita kamera kalian dan bisa dipenjara.

5. Jangan Pernah Ngobrol soal Agama dan Politik
 

Liburan-ke-Korea-Utara-Ini-7-Peraturannya-jika-Ingin-Bisa-Pulang5c94eaabc43f6b4fd.jpg

Bicara soal agama dan politik di Korea Utara adalah haram hukumnya dan merupakan pelanggaran berat. Jika ketahuan, Anda bisa masuk ke dalam penjara yang sangat mengerikan.

6. Sebelum Menjelajah Korea Utara, Hormat Dulu kepada sang Penguasa
 

Liburan-ke-Korea-Utara-Ini-7-Peraturannya-jika-Ingin-Bisa-Pulang61aa301670d5f1f2e.jpg

Salah satu hal wajib di Korea Utara adalah Anda harus hormat atau membungkukkan badan kepada patung dua mantan pemimpin Korea Utara,  Kim Il-Sung dan Kim Jong Il. Jika tidak mau, kalian akan dipaksa untuk keluar Korea Utara secara paksa, bahkan bisa mendapatkan hukuman berat.

Dan jika Anda ingin mengambil foto patung tersebut, harus secara penuh, tanpa ada bagian tubuh yang terpotong.

7. Membeli Suvenir Ada Aturannya
 

Liburan-ke-Korea-Utara-Ini-7-Peraturannya-jika-Ingin-Bisa-Pulang706e8ff771481b818.jpg

Biasanya jika mengunjungi sebuah negara tertentu, adalah hal yang biasa jika kita membeli barang untuk dijadikan suvenir. Tapi hal tersebut tidak bisa dilakukan bebas di Korea Utara.

Di sana, tidak semua barang yang dijual itu bisa dibeli. Ada beberapa barang yang hanya boleh dibeli oleh penduduk asli Korea Utara.

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top