Kampung Anggrek Bakal Sambut Wisatawan ke Kota Batu

Wali Kota Batu saat meninjau dalah satu koleksi anggrek miliki warga Kelurahan Dadaprejo di Pameran Batu Shining Orchid di Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu saat meninjau dalah satu koleksi anggrek miliki warga Kelurahan Dadaprejo di Pameran Batu Shining Orchid di Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES, BATU – Anda pencinta atau penghobi bunga anggrek? Datanga saja ke  Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Karena warga di Dadaprejo akan mewujudkan sebuah Kampung Anggrek. 

“Fokus kita pada tahun 2019 ini adalah dengan menghadirkan kampung anggrek. Dan ini merupakan satu-satunya di Kota Batu,” kata Camat Junrejo Arif Ardiansana, Kamis (28/2/2019).

Hadirnya kampung Anggrek itu karena memang masyarakat di sana banyak yang membudidayakan anggrek. Bahkan dari mereka seringkali mengikuti kontes anggrek hingga tingkat nasional.

“Bahkan dari mereka memang sudah berkompeten di bidang itu. Totalnya kurang lebih ada 25 orang yang membudidayakannya sehingga kenapa tidak kita angkat saja menjadi Kampung Anggrek,” imbuhnya.

Dengan berdirinya sebuah Kampung Anggrek itu, pihaknya memfasilitasi bibit kepada para petani anggrek tersebut. Hal ini untuk mewujudkan visi Kota Batu, ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’.

Sementara itu Wakil Wali Kita Batu Punjul Santoso menambahkan Kelurahan Dadaprejo itu tidak hanya akan mengembangkan Kampung Anggrek tetapi juga akan menjadi Kampung Batik. Rencananya akan diwujudkan pada tahun 2019 ini.

“Seluruh desa/kelurahan di Kota Batu ini terus berlomba untuk membuat desanya dengan memiliki ikon-ikon yang belum ada. Karena itu akan menjadi jujukan wisatawan,” ujar Punjul.

Terlebih memang mewujudkan Kampung Anggrek dan Batik itu sudah lama dimiliki oleh warga. Dengan demikian sangat mudah untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata.

“Tentunya hal baru seperti ini akan menjadi sebuah edukasi bagi masyarakat. Terlebih pencinta atau penghobi anggrek ini banyak sehingga ini sangat menjadikan peluang,” tambahnya saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Junrejo 2019.

Karen itu ia berharap ke depan agar bisa menghadirkan wisatawan untuk datang ke Kota Batu. Punjul mencontohkan karena letak Kampung anggrek ini berada di pintu masuk, wisatawan bida melakukan wisata di sana. “Kemudian baru mereka melanjutkan ke tempat wisata di sana. Dan wisata di Kota Batu semakin berwarna, mulai dari wisata alamnya, wisata buatan, ada wisata budaya, wisata bunganya,” tutup politisi PDIP ini. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top