Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Pemkot Kediri Dukung Kegiatan Membatik

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Mar - 2019, 13:57

Placeholder
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membatik di sehelai kain di SD Tamanan Kota Kediri. (Eko Arif S / JatimTIMES)

Batik merupakan salah satu warisan Indonesia yang mendunia dan sudah diakui Unesco. Banyak tokoh dunia yang sudah menggunakan batik seperti Nelson Mandela dan Barack Obama. Hal itulah yang disampaikan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat berkunjung di SDN Tamanan, Sabtu (2/3/19).

Kedatangan orang nomor satu di Kota Kediri ini sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada para siswa SDN Tamanan yang mengikuti kegiatan membatik seragam yang rencananya akan dibuat sebagai seragam khas SDN Tamanan.

Kegiatan membatik ini mendukung upaya Pemerintah Kota Kediri dalam meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan, karena selain meningkatkan kompetensi, pendidikan juga harus dapat mengasah kreativitas siswa.

"Saya sangat takjub karena hari ini siswa SDN Tamanan bikin ekstra batik yang batiknya dibikin sendiri lalu dijadikan seragam khas. Jadi dari sini saya melihat muncul kreativitas, keuletan, kegigihan, ketelatenan dan keindahannya. Jadi mereka juga berpikir tentang keindahan bagaimana batik ini dipakai menjadi batik yang bagus. Mudah-mudahan ini bisa dicontoh oleh sekolah lain dan mudah- mudahan ini bisa mendidik anak-anak kita supaya ke depan mereka memiliki jangkauan yang lebih luas daripada kita," ujar Mas Abu.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Lurah Tamanan dan kepala sekolah, Mas Abu juga melihat-lihat seluruh ruang kelas dan menyaksikan proses kegiatan belajar mengajar.

Menurutnya, sarana prasarana yang ada di SDN Tamanan sudah bagus. Ditambah lagi ada beberapa ekstrakulikuler yang dapat menjadi wadah kreativitas para siswa.

"Saya sangat senang ada banyak kegiatan. Saya juga senang ada musala yang biasa dibuat untuk salat dhuha, salat berjamaah, karawitan, ada juga kelas inspirasi, drumband dan yang luar biasa bisa membuat seragam sendiri dengan kain batik yang batiknya dibuat sendiri," ungkapnya.  

Di era teknologi yang berkembang pesat saat ini, Mas Abu juga berpesan kepada orangtua dan para guru agar mendidik serta mengarahkan para siswa agar di masa mendatang mereka memiliki skill, mental dan daya saing yang tinggi.

"Saya titip kepada bapak/ ibu tolong dijaga putra putri kita. Didik mereka agar memiliki daya saing yang tinggi. Mental mereka harus ditingkatkan. Jangan dimarahi tapi biasakan untuk berdiskusi. Batasi anak-anak ketika menggunakan gadget. Tanpa kita ajari, saat ini anak-anak sangat pandai dalam menggunakan gadget. Kita harus selalu mengawasi mereka, karena teknologi itu seperti dua mata pisau yang bisa berdampak positif dan negatif," pesannya.

Selain membatik, dalam acara tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan lain seperti bazar, penampilan gerak tari dari para siswa dan ditutup dengan foto bersama. 


Topik

Pendidikan Kegiatan-Membatik-di-SDN-Tamanan Tingkatkan-Sumber-Daya-Manusia Pemkot-Kediri Wali-Kota-Kediri Abdullah-Abu-Bakar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni