Sempat Dilarang, Uji Coba Bebas Parkir Terus Berlanjut

Di lokasi inilah uji coba bebas parkir yang diprotes pemilik toko. (Agus Salam/Jatim TIMES)
Di lokasi inilah uji coba bebas parkir yang diprotes pemilik toko. (Agus Salam/Jatim TIMES)

JATIMTIMES, PROBOLINGGO – Meski sempat ditolak dan dikecam, uji coba parkir di Jalan Raya Panglima Sudirman, utara Pasar Baru, terus berlanjut. Keputusan tersebut diambil setelah Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo bertemu dengan Forum Lalu Lintas serta pemilik toko.

Hal tersebut diungkap Kepala Dishub Sumadi Minggu (7/3) siang. Disebutkan, pihaknya sudah mengundang Forum Lalu Lintas sekaligus pemilik toko untuk meminta masukan. Hasilnya, uji coba parkir tetap dilakukan sambil dievaluasi. Tujuannya, agar kendaraan tidak macet, terutama di jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari.

Nantinya, Dishub bersama Forum Lalu Lintas dan pemilik toko akan melihat dan mengevaluasi uji coba parkir tersebut. “Berdasarkan saran Forum Lalu Lintas dan beberapa pelaku usaha sekitar Pasar Baru, kami tetap nenataan parkir. Kami uji coba sambil dievaluasi. Hasilnya, kami akan bertemu lagi,” ujar Sumadi, kadishub.

Salah satu saran dari peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut, lanjut Sumadi, adalah meminta parkir krendaraan satu saf saja. Jadi, pemilik toko berharap parkir di depan tokonya jangan ditiadakan, tetapi diatur.“Mereka meminta tetap ada parkir di depan tokonya. Tapi hanya satu saf saja. Katanya kalau kendaraan roda 2 tidak boleh parkir, pembeli sepi,” tandasnya.

Uji coba parkir tersebut, lokasinya dari pertigaan Jalan Brigjen Katamso ke timur sampai depan Toko Juli Jaya. Di sepanjang jalur terebut, kendaraan roda 2 dilarang parkir. “Hasilnya sudah kami laporkan ke wali mota berupa nota dinas dan kami menunggu disposisi dan saran dari beliau,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak 19 Februari 2019, Dinas Perhubungan melakukan uji coba penataan parkir di sekitar Pasar Baru. Seluruh kendaraan dilarang parkir sebagai upaya mencegah kemacetan di sekitar pasar. Larangan parkir dilakukan untuk kendaraan roda 2, roda 4, serta transportasi masyarakat lainnya, seperti becak dan angkutan roda tiga.

 

Pewarta : Agus Salam
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Probolinggo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top