Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Paket Wisata Religi Sehari di Jember, Tempat Mana Saja yang Dikunjungi?

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Mar - 2019, 10:39

Placeholder
Rombongan jamaah tour wisata religi saat mendapat penjelasan dari pengurus Takmir Masjid Cheng Hoo (foto : istimewa / JatimTIMES)

Kabupaten Jember miliki paket wisata religi, sesuai dengan 22 program kerja, terutama pada tahun 2019 yang fokus pada wisata sudah mulai bisa dirasakan masyarakat, selama sehari sejak Jumat (8/3/2019) siang hingga malam hari kemarin, tour paket Wisata Religi diawali oleh 600 Muslimat dari Desa Mulyorejo Silo.

Dengan menggunakan 53 mobil, rombongan ibu-ibu Muslimat ini berangkat dari halaman SMP Negeri 1 Silo, dengan beriring-iringan dan mendapat pengawalan polisi, lokasi wisata pertama yang dituju adalah Masjid Cheng Hoo yang ada di belakang kantor Kelurahan Sempurasi Kaliwates, di samping Transmart Jember.

“Ini merupakan rombongan wisata religi perdana, yang diikuti oleh ibu-ibu Muslimat dari Kecamatan Silo, dan Masjid Cheng Hoo adalah tempat pertama yang dituju dari 5 tempat yang menjadi paket wisata religi,” ujar Bambang Saputra Kabid Bina Mental.

Selama di masjid yang mirip Klenteng (tempat peribadatan wara Tionghoa) rombongan disambut oleh Takmir Masjid Cheng Hoo, di sini warga mendapat penjelasan tentang ornamen masjid dan juga perjalanan Cheng Hoo, salah satu ulama asal China yang berkelana sampai di Indonesia.

Usai dari Masjid Cheng Hoo, rombongan tour Wisata Religi dilanjutkan mengunjungi Masjid Raoudatul Muchlisin yang ada di Jalan Gajahmada Kaliwates Jember, kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke makam KH. Muhammad Shiddiq.

Menjelang maghrib, jamaah Wisata Religi melanjutkan perjalanan menuju Masjid Jami Al Baitul Amin, masjid yang bentuknya mirip Keong, bahkan sebagian orang menyebut Masjid ‘Mangkok’, di sini jamaah wisata religi melaksanakan salat maghrib dan isyak.

“Setelah salat isyak, jamaah menuju lantai dua Pendopo Wahyawibawagraha, di sana mereka disambut Ibu Bupati Jember, dan menutup kegiatan wisata ini dengan menggelar Sholawatan bersama sampai selesai,” imbuh Bambang.

Bambang menambahkan, pendopo menjadi bagian akhir dari tour Wisata Religi, dikarenakan pendopo merupakan rumah rakyat, dimana pada era sebelumnya, tidak semua masyarakat bisa masuk ke pendopo.

“Pendopo ini adalah rumah rakyat, banyak masyarakat Jember terutama yang tinggal jauh dari kota yang belum pernah ke sini, oleh karenanya pada tour Wisata Religi perdana yang difasilitasi Pemkab Jember ini, kedepan bisa menginspirasi yang lain secara mandiri,” pungkas Bambang. (*)


Topik

Wisata jember berita-jember Paket-Wisata-Religi pengurus-Takmir-Masjid-Cheng-Hoo Desa-Mulyorejo-Silo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Sri Kurnia Mahiruni