Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Unik, Ada Makam di Tengah Jalan, Beberapa Ada di Indonesia

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

12 - Mar - 2019, 16:43

Placeholder
Salah satu makan yang berada di Purwokerto. (Foto: ist)

Orang yang sudah meninggal biasanya akan dimakamkan di pemakaman umum. Namun di beberapa negara ini, anehnya ada makam berada di area jalan umum atau jalan raya.

Berikur 5 makam yang berada di tengah area umum, namun tidak dapat dipindahkan.

1. Makam di Jalanan Ternate

Sebuah makam terletak di pinggir jalan di Ternate. Namun warga setempat tidak ada yang mengetahui siapa gerangan yang bersemayam dan pemilik makam tersebut. Namun konon, jika hari raya tiba, ratusan orang datang ke makam ini dan menaburkan irisan daun pandan dan berdoa.

Menurut warga setempat, dahulu makam misterius tersebut sempat akan dipindahkan guna untuk pembangunan jalan. Namun kabarnya operator mesin berat yang digunakan untuk memindahkan makam justru meninggal dunia. Salah satu dugaan yang beredar di masyarakat, makam ini bukanlah makam orang sembarangan. 

2. Makam Tua di Tengah Jalan Purwokerto 

Warga setempat menceritakan, tidak diketahui pasti kapan makam itu dibangun. Namun, makam itu ada pada zaman penjajahan Belanda. Makam itu juga dikeramatkan. Para petinggi negeri yang ingin naik jabatan hingga penjual yang ingin dagangannya laris kerap bertapa, menaburkan bunga, hingga memberikan sesaji di makam tersebut. 

3. Makam Diapit Gedung Tinggi di China  

Sebuah makam leluhur berdiri di tengah-tengah bangunan yang sedang dibangun karena keluarga dari almarhum menolak untuk memiindahkannya. Makam ini adalah kuburan leluhur dari seorang warga dari Longbao. Keluarga tidak mencapai deal harga dengan tawaran kompensasi untuk relokasi yang telah ditawarkan pihak kontraktor.

Batu nisan ini tampak menjulang tinggi setinggi sepuluh meter, sementara para pekerja terus mendirikan flat di sekitar makam. Pihak pengembang sebenarnya telah menawarkan nilai uang sebesar Rp 1,5 miliar, tapi pihak keluarga tetap bersikukuh enggan memindahkan makam keluarga mereka. Hasilnya, sekarang makam tersebut tetap bertengger di antara gedung-gedung sekelilingnya.

4. Makam di Tengah Jalan County Road Amerika

Sebuah makam di tengah jalan juga ada di Amerika Serikat, tepatnya di County Road 400 Kota Amity, Indiana. Makam kuno ini tetap dibiarkan dan tidak dipindahkan hingga kini dengan alasan yang berbeda.

Makam ini adalah milik seorang perempuan bernama Nancy Kerlin Barnett yang meninggal pada tahun 1831. Saat akan dibangun jalan raya, pemerintah setempat memutuskan untuk merelokasi makam. Namun salah satu anak Nancy keberatan untuk memindahkan makam ibunya.

Dia terus mempertahankan makam tersebut dengan membawa senjata hingga akhirnya makam tersebut terpaksa berada di tengah-tengah jalan yang terbelah dua.

5. Makam di Tengah Jalan Raya Jiangzi China

Di Jiangzi China terdapat kuburan yang terletak di tengah jalan raya Shangrao. Ternyata kuburan itu merupakan tempat bersemayamnya jenazah seorang ibu, ayah dan kerabat dari petani bernama Zhang Rongsheng. Meskipun sudah diminta untuk merelokasi kuburan keluarganya, Zhang Rongsheng keberatan karena ganti rugi yang tidak sesuai permintaannya.

Dia mengharapkan ganti rugi sebesar Rp 1,3 miliar. Namun pihak pengembang menganggap ganti rugi tersebut terlalu tinggi. Akibatnya, kuburan itu tetap berada di tengah jalan raya, meskipun mengganggu dan membuat kesal orang-orang yang melewatinya. 

Pengembang tetap saja melanjutkan pembangunan jalan raya yang rampung pada Februari 2014 lalu. Kuburan tersebut dibiarkan tetap seperti sedia kala dan akhirnya menjadi tontonan turis yang heran dengan keberadaannya.  


Topik

Serba Serbi berita-batu Makam-di-Tengah-Jalan pemakaman-umum 5-makam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy