Penguatan Command Center, Polres Blitar Sinergi dengan Dinas Kominfo Pemkab Blitar

Jajaran Polres Blitar dipimpin Wakapolres meninjau Command Center milik Pemkab  Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)
Jajaran Polres Blitar dipimpin Wakapolres meninjau Command Center milik Pemkab Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Polres Blitar tengah mengembangkan Command Center di lingkungan internal institusinya. 

Upaya tersebut, dibuktikan oleh Polres Blitar bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

Wakapolres Blitar, Kompol Andy Yudha didampingi sejumlah stafnya mengunjungi command center milik Pemkab Blitar di Dinas Kominfo, Jalan Sudanco Supriyadi Kota Blitar, Rabu (13/03/2019). 

Kunjungan kerja tersebut, untuk meninjau apa saja fitur-fitur command center Pemkab Blitar yang bisa diadopsi ke command center Polres Blitar.

Rencananya, pihaknya akan melengkapi fitur-fitur command center Polres Blitar dengan mengadopsi fitur command center Pemkab Blitar.

"Kami berkunjung ke kantor Kominfo Kabupaten Blitar dalam rangka kunjungan melihat command center yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Blitar. Intinya, kami ingin mengintegerasikan command center yang akan dibangun Polres Blitar, akan kita coba fiturnya untuk menguatkan fitur command center yang ada di Pemkab," jelas Kompol  Andy Yudha kepada BLITARTIMES di kantor Kominfo Pemkab Blitar.

Saat meninjau pusat command center milik Pemkab Blitar tersebut, menurutnya ada beberapa fitur yang sejalan dengan kepentingan Polres Blitar. 

Fitur seperti e-traffic, pengawalan dana transfer dari pemerintah pusat dalam konteks pengendalian. Hal ini kata dia, sesuai dengan konsep visi misi Polres Blitar.

"Beberapa aplikasi setelah saya survey, ada yang memang visi dan misinya sama dengan Polres Blitar. Maka akan kami adopsi satu-satu. Seperti e-traffic, kemudian pengawalan dana transfer dari pemerintah pusat dalam konteks pengendaliannya yah, dari penyerapan anggaran, kami contact matc tidak dengan yang di lapangan. Ini bagian dari pendampingan bukan penegakan hukum," paparnya.

Selain dua fitur itu, lanjut dia, ada beberapa fitur lagi milik Pemkab Blitar yang bisa diadopsi command center Polres Blitar. 

Fitur ini yakni, fitur Map, aplikasi soal pengaturan tata kota seperti traffic, tata ruang, Tower dan fitur lainnya.

"Jadi nanti yang lengkap malah punya Polres Blitar command center nya. Intinya kami juga ingin memonitoring jaringan sosial media jelang 17 April mendatang (Pemilu 2019). Jadi management media sosialnya, untuk menangkal konten-konten berita Hoax seperti itu," ungkapnya.

Kendati begitu, muara dari pengembangan command center Polres Blitar itu, yakni untuk merespon cepat apa keperluan masyarakat Blitar perihal pelayanan publik terhadap institusi Polri.

Dengan itu, pelayanan aparat kepolisian dengan masyarakat bisa semakin kuat dan humanis (merakyat).(kmf)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top