Bupati Blitar meninjau stand job market fair.(Foto : Team BlitarTIMES)

Bupati Blitar meninjau stand job market fair.(Foto : Team BlitarTIMES)


Editor

A Yahya


Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar kembali menggelar Job Market Fair untuk kali pertama di tahun 2019. Ini dilakukan guna menekan jumlah angka pengangguran di Kabupaten Blitar. 

Job Market Fair digelar di halaman kantor Disnaker Pemkab Blitar, Jumat (15/03/2019). Acara dibuka langsung oleh Asisten Bupati Blitar bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Ahmad Husein.

Bupati Blitar Rijanto beserta segenap jajarannya dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Blitar turut mengahadiri pembukaan Job Market Fair 2019 di Disnaker Pemkab Blitar.

Bupati Blitar Rijanto menjelaskan, dengan diberikan penciptaan kesempatan kerja melalui Job Fair, angka pengangguran di Kabupaten Blitar bisa ditekan. Sebab, lanjut dia, dengan mempertemukan antara pencari kerja dan penyedia lapangan kerja, berarti memperbesar jumlah angkatan kerja atau pengentasan jumlah pengangguran.

"Alhamdulillah temen-temen Disnaker mengadakan Job Fair untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Pencari dan penyedia kerja bertemu untuk bernegosisasi ini sangat bagus. Angka pengangguran bisa ditekan," jelas dia kepada awak media disela tinjauan stan perusahaan peserta Job Fair.

Rijanto menyebut, terdapat sekitar 25 perusahaan membuka kesempatan kepada masyarakat Blitar pencari kerja, pada giat Job Fair taraf lokal itu. Kendati begitu, dia berharap kepada pencari kerja untuk selektif dan menjangkau memilih pekerjaan sesuai kapasitas dan kompetensi yang dimiliki dengan formasi pekerjaan yang dipilih. Sehingga, peluang diterima di formasi yang dipilih bisa tercapai.

"Ada sekitar 25 perusahaan yang hadir disini. Maka, harapannya agar masyarakat pencari kerja ini mampu memilih pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi sekaligus yang dipersyaratkan," tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Blitar Haris Susianto menerangkan, tersediakan berbagai formasi kerja yang ditawarkan perusahaan peserta Job Fair. Job Fair kali ini merupakan Job Fair bertaraf mini atau lokal. Kegiatan mempertemukan antara pencari kerja dan penyedia lapangan kerja ini digelar selama satu hari.

Dia juga memastikan akan mengadakan Job Fair sebanyak empat kali pada tahun ini. Tiga Job Fair bertaraf mini sebanyak tiga kali dan satu kali Job Fair bertaraf Nasional yang rencananya digelar di semester kedua tahun ini.

"Job Fair ini adalah Job Fair berkapasitas  mini. Maksudnya perusahaan yang menyampaikan kesempatan kerja ini tingkat kabupaten. Ada beberapa formasi seperti bidang finance, pertambangan hingga bidang kesehatan juga tersedia. Artinya ini bisa dimanfaatkan betul para pencari kerja supaya bisa mengakses lowongan kerja yang diminati. Harapannya ini bisa menekan angka pengangguran di Kabupaten Blitar," tegasnya.

End of content

No more pages to load