Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Musrenbang 2020, Persaingan Ekonomi Daerah dan Optimalisasi SDM Jadi Fokus Pemkot Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

21 - Mar - 2019, 15:36

Placeholder
Musrenbang RKPD yang digelar Pemkot Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk pembangunan tahun 2020, Kamis (21/3/2019). Musrenbang kali ini fokus pada bidang pemantapan persaingan ekonomi daerah, dengan optimalisasi sumber daya manusia (SDM) sebagai fokus utama pembangunan daerah tahun 2020.

Bertempat di Balai Kota Koesomo Wicitra, nusrenbang dibuka oleh Plt Wali Kota Blitar Santoso. Jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Blitar, camat, lurah hingga tokoh masyarakat Kota Blitar hadir mengikuti giat forum diskusi perencanaan pembangunan daerah itu.

"Jadi, musrenbang kali ini adalah serapan dari musyawarah mulai tingkat RT/RW, kelurahan hingga kecamatan. Hasilnya pada tingkat kota, kami akan memantapkan daya saing ekonomi daerah yang didukung sumber daya manusia yang sehat dan cerdas," jelas Santoso.

Dia memaparkan, selain mengusung konsep optimalisasi persaingan ekonomi daerah yang didukung SDM yang berkualitas, pembangunan di tahun 2020 Pemkot Blitar juga akan memperkuat pelayanan masyarakat di bidang infrastruktur, kesehatan dan pendidikan yang telah berjalan baik.

"Jadi, bidang infrastruktur tetap jadi prioritas. Jangan sampai ada yang gagal tender mengulang-ulang akhirnya tidak berjalan. Musrenbang fungsinya adalah bagaiamana merencanakan pembangunan daerah, antara perencanaan dengan pelaksanaan bisa klop," tandasnya.

Di sektor pendidikan, kata Santoso, program sekolah gratis mulai tingkat PAUD, TK, SD hingga SMP tetap akan dipertahankan untuk dijalankan. Pengentasan kemiskinan dan pengangguran menurutnya berdasarkan data BPS tahun 2019 telah menunjukkan tren yang positif. Artinya angkanya menurun. 

Sektor kesehatan, Pemkot Blitar  tahun ini dan tahun 2020 ke depan tetap mengupayakan pelayanan kesehatan yang terjangkau masyarakat luas. Sehingga akses masyarakat Kota Blitar untuk kesehatan bisa dijangkau.

"Tapi tidak seratus persen semuanya bisa tercapai. Namun upaya dan langkah kita, saya kira tetap akan senafas dengan apa yang kita rencanakan," ucap Santoso.

Di samping itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Blitar Djatmiko Budi Santoso mengatakan, sesuai tema besar Musrenbang RKPD Pemkot Blitar tahun 2020, pemerintah berkomitmen untuk terus membangun kerja sama antar daerah terkait potensi daerah yang bisa dikembangkan.

Demografi ekonomi, sosial dan budaya Kota Blitar sangat berpotensi bersaing dengan ekonomi mulai tingkat lokal hingga global, untuk mendongkrak kekuatan ekonomi Kota Blitar. Upaya penciptaan kekuatan basis ekonomi mikro, atau usaha mikro kecil dan menengah, cukup menggeliatakan taraf sosial dan ekonomi masyarakat.

Kemudian, peran Pemerintah Kota Blitar sangat strategis untuk memperkuat keberadaan pelaku-pelaku usaha mikro di Kota Blitar melalui pembinaan dan pendampingan. Itu dilakukan, supaya pelaksanaan memperkuat ekonomi daerah bisa berjalan selaras, tertata dan memunculkan daya saing tinggi terhadap pangsa pasar yang terus berjalan dinamis.

"Artinya upaya kami untuk membina dan mendampingi para pelaku usaha di bidang apapun, dimaksudkan untuk tetap sejalan dengan program yang direncanakan. Sehingga hasil konkret untuk penguatan ekonomi daerah benar-benar bisa diraih," tandasnya.

Jika dirinci, program prioritas Pemerintah Kota Blitar tahun 2020 adalah sebagai berikut. Dimulai dari percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Peningkatan kualitas kesehatan bagi ibu dan anak, serta kualitas pendidikan masyarakat. Percepatan kinerja pelayanan persampahan dan air minum yang layak, serta ketahanan energi.

Kemudian juga akan dilakukan penguatan produktivitas daya saing daerah yang berorientasi ekonomi kreatif dan inovatif. Peningkatan nilai sosial yang bersumber pada nilai agama, kearifan lokal, dan dukungan kesuksesan pemilu. Terakhir, pemantapan profesionalisme aparatur yang mendukung pelayanan publik dan reformasi birokrasi.


Topik

Pemerintahan blitar berita-blitar Musrenbang-RKPD OPD-Pemkot-Blitar Pemkot-Blitar Bappeda-Pemkot-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy