Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Program Kampung Ternak Dompet Dhuafa, Sejahterakan Peternak di Jawa Timur

Penulis : Heru Hartanto - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - Mar - 2019, 14:07

Placeholder
Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jatim bersama sejumlah jurnalis di Kampung Ternak Desa Awar-Awar, Kec. Asembagus, Kab. Situbondo (Foto: Heru Hartanto / SitubondoTIMES)

Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Filantropi Islam yang bersumber dari dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) dan dana halal lainnya terus melakukan pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik (prophetic socio-technopreneurship).

Dalam programnya, Dompet Dhuafa akan terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan dan akan terus setia mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa, melalui cabang Dompet Dhuafa khususnya di Jawa Timur.

Salah satu programnya, Kampung Ternak yang ada di Jawa Timur. Program ini merupakan program ekonomi Dompet Dhuafa  yang konsen di bidang pemberdayaan peternak.  “Jumlah peternak yang dibina Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur dalam program Kampung Ternak sebanyak 12 orang dengan jumlah ternak sebanyak 500 ekor domba,” jelas Kholid Abdillah pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur saat Launching Jangan Takut Berbagai di Kampung Ternak Desa Awar-Awar Situbondo.

Program ini terletak di dua lokasi, sambung Kholid Abdillah, yaitu di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Situbondo. “Masing-masing wilayah terdapat ternak sebanyak 250 ekor. Kapasitas kandang yang dibuat oleh peternak telah disiapkan melebihi target yang ditentukan oleh Dompet Dhuafa, hal ini dimaksudkan agar para peternak binaan memperoleh peluang investasi dari pihak lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kholid Abdillah menjelaskan, seperti kandang yang dibuat di Situbondo ini mampu menampung domba sebanyak 450 ekor. Hal ini adalah bagian dari konsep Dompet Dhuafa untuk  membuka peluang pasar bagi para peternak binaan.

Goal program Kampung Ternak, kata Kholid Abdillah, adalah menumbuhkembangkan kelompok ternak dan iklim sosial kewirausahaan dalam komunitas peternakan rakyat. Selain itu juga meningkatkan kualitas kesejahteraan peternak, membangun jaringan  peternakan rakyat. Menyelenggarakan bisnis peternakan dan turunannya untuk menghadirkan keuntungan, pertumbuhan, berkesinambungan dan berkah bagi peternak dhuafa. Sehingga dapat menikmati hasilnya, yaitu terwujudnya kemandirian lembaga melalui penyelenggaraan bisnis peternakan dan turunannya yang profit, tumbuh, berkesinambungan dan berkah.

Dalam rangka mendukung keberlanjutan program, lanjut Kholid, Dompet Dhuafa menciptakan pasar, pasar tersebut adalah program Tebar Hewan Kurban (THK). Program ini adalah upaya lembaga untuk memasarkan hewan ternak dari para peternak lokal. Program yang menjadi puncak panen bagi peternak ini menyebarkan hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Dengan tujuan, papar Kholid Abdillah, agar daging kurban tidak menumpuk di kota-kota besar saja. “Untuk mewujudkan kemandirian yang diinginkan bagi para peternak binaan Dompet Dhuafa, maka semangat berbagi yang kami maknai dan terkandung dalam tema Ramadhan Jangan Takut Berbagi,” ulasnya.

Oleh karena itu, Dompet Dhuafa mengajak semua kalangan masyarakat  di Indonesia untuk menebarkan semangat jangan takut berbagi dan bergandengan tangan wujudkan kemandirian di bulan suci nanti. “Kemiskinan yang ada di Indonesia dapat ditekan jika kaum dhuafa dapat diberikan modal, pelatihan dan diberikan akses dengan pasar agar mampu berdaya, mandiri dan sejahtera,” pungkas Kholid Abdillah.


Topik

Ekonomi situbondo berita-situbondo Dompet-Dhuafa Lembaga-Filantropi-Islam program-Kampung-Ternak di-Kampung-Ternak-Desa-Awar-Awar-Situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Heru Hartanto

Editor

Sri Kurnia Mahiruni