Disparbud Malang Fokus Pengembangan SDM Pengelola Pariwisata

Pantai Balai Kambang salah satu destinasi wisata di Kabupaten Malang
Pantai Balai Kambang salah satu destinasi wisata di Kabupaten Malang

JATIMTIMES, MALANG – Kabupaten Malang saat ini sudah menjadi salah satu tujuan untuk pengembangan desa wisata. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang pun terus berupaya agar penyedia jasa pariwisata yang ada benar – benar siap menyambut para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengatakan bahwa tahun 2019 ini Kabupaten Malang sudah menjadi salah satu tujuan untuk pengembangan desa wisata. Maka dari itu, akan fokus terhadap peningkatan kualitas dari SDM pengelola. Sehingga, jika nantinya akan ada kunjungan dari pemerintah daerah lain, maka para pengelola tersebut akan siap untuk menyambutnya. “Saya harus lebih fokus kepada bagaimana SDM pariwisata di Kabupaten Malang itu siap untuk menjadi pengelola” tegas Made.

Salah satu upaya peningkatan kualitas SDM pengelola pariwisata tersebut, seperti kegiatan Peningkatan SDM Pariwisata Kabupaten Malang yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. Ia mengatakan bahwa sudah banyak pemerintah daerah lain yang berkunjung ke kabupaten malang untuk untuk tujuan mengembangkan pariwisata di daerahnya. Sehingga, para SDM tersebut harus menjadi pengelola yang layak menjadi contoh bagi pengelola wisata di daerah lain. “Banyak daerah yang berkunjung ke sini, jadi para pengelola pariwisata itu harus sudah layak jadi contoh untuk daerah lain,” lanjut Made.

Selain meningkatkan bidang pelayanan, ia juga mengatakan bahwa  pihaknya akan terus berinovasi terhadap potensi wisata yang ada di Kabupaten Malang agar tidak hanya monoton saja. Sebab, ia mengatakan jika hanya sebatas monoton saja tanpa adanya inovasi yang baru, maka para wisatawan akan bosan dengan pariwisata yang disajikan. Sehingga, nantinya jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Malang akan berkurang.

“Kami selalu menekankan kepada semua pelaku desa wisata khususnya untuk pengelola agar terus berinovasi dan harus punya grand design untuk pengembangan setiap tahunnya harus ada,” ujar Made.

Dengan adanya inovasi berkelanjutan tersebut, Made berharap nantinya Kabupaten Malang akan benar–benar menjadi desa wisata percontohan untuk daerah lain. Sehingga, nantinya akan juga berdampak pada jumlah kunjungan wisata yang akan terus bertambah setiap tahunnya.

Pewarta : Luqmanul Hakim
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top