Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Balai Arkeolog Yogyakarta Lakukan Penelitian dengan Cara Ini untuk Mengungkap Keberadaan Situs Sekaran di Tol Mapan

Penulis : Luqmanul Hakim - Editor : Heryanto

13 - Apr - 2019, 19:03

Placeholder
Proses ekskavasi lanjutan secara vertikal oleh tim balai arkeolog Yogyakarta di situs Sekaran (Luqmanul Hakim/Malang Times)

Penelitian kembali dilakukan untuk temuan situs Sekaran. 

Kali ini dilakukan langsung oleh Balai Arkegologi Yogyakarta. 

Penelitian lanjutan tersebut dilakukan untuk mengungkap Situs Sekaran yang ditemukan di Tol Malang - Pandaan (Mapan) secara tak sengaja oleh petugas proyek.

Ketua Tim Balai penelitian Balai Arkeolog Yogyakarta Herry Priswanto mengatakan penelitian tersebut merupakan penjajakan yang bertujuan untuk memperjelas temuan dari hasil ekskavasi yang telah dilakukan oleh BPCB Trowulan dan untuk melihat potensi akademis untuk pengembangan penelitian ke depan.

"Penelitian ini meneruskan pekerjaan BPCB sekaligus melihat potensi akademis penelitiannya" jelas Herry.

Proses ekskavasi lanjutan tersebut, dilakukan secara manual yang dilakukan secara vertical ke bawah. 

Penelitan tersebut, dilakukan selama 5 hari sejak Kamis (11/4/2019) hingga Senin (15/4/2019) nanti.

“Penelitan ini kita lakukan eksavasi secara vertical, tujuannya untuk menampakkan beberapa struktur yang sudah dilihat oleh BPCB. Secara horizontal mungkin sudah ditemukan bangunannya, tapi secara vertikal belum,” ujar Herry kepada MalangTIMES.

Penelitian secara vertikal tersebut, difokuskan untuk menemukan lapisan budaya dari situs Sekaran tersebut. 

Lapisan budaya sendiri dikatakan Herry merupakan lapisan tanah dari lokasi pada saat bangunan tersebut digunakan di masa lalu.

Sebelumnya penelitian situs Sekaran tersebut telah dilakukan oleh tim BPCB Trowulan dengan ekskavasi yang telah dilakukan selama 10 hari dengan hasil sementara merupakan peninggalan zaman pra Majapahit. 


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya berita-malang Balai-Arkegologi-Yogyakarta Situs-Sekaran Malang---Pandaan-(Mapan) Ketua-Tim-Balai-Arkeolog-Yogyakarta Herry-Priswanto BPCB-Trowulan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Luqmanul Hakim

Editor

Heryanto