KPU Siapkan TPS Mobile untuk Pemilih Tambahan

Proses pelipatan surat suara di kantor KPU Kota Malang. (Luqmanul Hakim/Malang Times)
Proses pelipatan surat suara di kantor KPU Kota Malang. (Luqmanul Hakim/Malang Times)

JATIMTIMES, MALANG – KPU Kota Malang menyiapkan petugas TPS mobile untuk daftar pemilih tambahan (DPTb). Hal tersebut dikarenakan banyaknya jumlah DPTb di Kota Malang yang mencapai sekitar 17.200. Jumlah itu membuat Kota Malang menduduki predikat tertinggi dengan jumlah DPTb di Jatim.

Divisi Perencanaan Data dan Teknis KPU Kota Malang Deny Bachtiar mengatakan, DPTb tersebut terbagi menjadi beberapa kategori.  Di antaranya mahasiswa, karyawan pindah tugas, tahanan lapas, serta warga yang mendadak sakit. "Kami sudah siapkan TPS mobile untuk pemilih DPTb yang tidak bisa datang ke TPS," ucapnya.

Pemilih DPTb  yang bisa menggunakan TPS mobile tersebut antara lain para pasien di rumah sakit dan para tahanan penjara, baik di polres maupun polsek serta lapas. Deny mengatakan, untuk hal tersebut, KPU akan melakukan jemput bola dengan mendatangi para DPTb yang tidak bisa hadir di TPS saat pencoblosan. "Kami akan jemput bola. Kami datangi DPTb yang tidak bisa mencoblos di TPS, seperti yang di rumah sakit, lapas, polres, polsek," ujarnya.

Namun, jumlah TPS mobile tersebut fleksibel sesuai dengan jumlah permintaan. Sedangkan petugas yang ditunjuk di TPS mobile tersebut adalah petugas TPS yang terdekat dengan lokasi permintaan adanya TPS mobile tersebut. "Nanti petugas TPS mobile itu dari lokasi terdekat dengan permintaan adanya petugas mobile itu," pungkasnya.

Pewarta : Luqmanul Hakim
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top