Hujan Uang Terjadi di Tulungagung, Malam Dan Besuk Pagi Diperkirakan Puncaknya

Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Sedia payung sebelum hujan, pribahasa ini mungkin tepat jika musim penghujan terjadi. Di Tulungagung memasuki musim kemarau ini dipastikan akan terjadi hujan yang merata, namun bukan air atau salju yang turun melainkan pecahan rupiah.
Seperti yang dialami oleh warga ini. "Nama dan nomer induk KTP saya dicatat beberapa orang yang mengaku kader Caleg tertentu, mulai kemarin sudah ada yang mendatangi rumah untuk memberi uang buat nyoblos," kata Sus (36) warga di salah satu desa di Kecamatan Boyolangu.

Keluarga Sus yang memiliki enam suara hingga kemarin mendapatkan amplop dari dua kader yang mengaku dari dua Caleg berbeda.
"Sudah dua kader dengan Caleg berbeda, diberi fotonya kok," ungkapnya Selasa (16/04) siang.

Berbeda dengan Sus, seorang yang beralamat di Ngantru yang bernama Fif (initial) mengaku mendapat uang dari kader Caleg sebesar 40 ribu rupiah untuk satu Caleg dari partai peserta pemilu.
"Paketannya sendiri, bisa yang pusat beda dengan partai yang di kabupaten atau provinsi," terangnya.

Menurut informasi yang diterima, di Ngantru sendiri menjelang hari pemungutan masih banyak kader yang masih belum membagi "amplop" untuk calon pemilih.
"Ini merupakan rejeki, lima tahun sekali didapatkan warga secara bersama dari beberapa Caleg," paparnya.

Satu pemilih menurut Fif dapat mendapatkan sejumlah amplop berisi uang antara 10 hingga 50 ribu dari para kader yang bermain hampir tiap musim pemilu tiba.

"Puncak hujan ada di malam ini atau besuk pagi, bawalah kantong sebelum hujan uang tiba," pungkasnya.

Sebagian masyarakat tidak melihat fenomena ini sebagai pelanggaran pemilu atau money politic yang perlu dihindari, namun justru menjadi "peluang" mendapatkan keuntungan tiap lima tahunan. 

Pewarta : Anang Basso
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top