Jamin Keamanan Pemilih, Polres Malang Kerahkan 2.095 Personel Gabungan

Petugas keamanan dari Polres Malang, TNI dan unsur masyarakat beserta Pemkab Malang jamin keamanan pemilu 2019 (dok MalangTIMES)
Petugas keamanan dari Polres Malang, TNI dan unsur masyarakat beserta Pemkab Malang jamin keamanan pemilu 2019 (dok MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Tinggal satu hari, Pemilu 2019 akan sampai pada puncaknya. Kesibukan serta persiapan menghadapi hari pencoblosan para pemimpin bangsa pun terlihat di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Malang.

Tak terkecuali dari pihak keamanan yang terdiri dari unsur kepolisian, TNI serta unsur lainnya. Hal ini terlihat dari gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS di lapangan Satya Haprabu Polres Malang, Selasa (16/04/2019). Sebuah apel persiapan akhir bagi aparat keamanan yang bertugas di 8.407 TPS yang tersebar di 390 Desa/Kelurahan.

AKBP Yade Setiawan Ujung Kapolres Malang dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya bersama TNI dengan jumlah 2.095 personel serta unsur masyarakat siap menjaga Pemilu 2019. "Kita siap menjaga seluruh TPS besok serta menjamin keamanan masyarakat yang akan menentukan pilihannya," ucap Yade dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS yang dihadiri Wakil Bupati Malang Sanusi beserta jajaran, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri serta jajaran polres dan TNI Kabupaten Malang.

Ujung pun menegaskan ulang, agar masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS besok (17/04/2019). "Jangan takut ada intimidasi dan lainnya. Kita jamin keamanan seluruh masyarakat Kabupaten Malang untuk menggunakan hak pilihnya," ucapnya.

Selain menjamin keamanan masyarakat, Ujung pun menekankan kepada pasukan gabungan yang akan bergeser ke seluruh TPS di 390 desa/kelurahan. Untuk tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam bertugas. "Serta tentunya bertugaslah dengan rasa ikhlas dan penuh tanggungjawab," ujarnya yang juga menegaskan agar situasi aman, lancar dan sukses, maka dirinya mendorong seluruh personel pengamanan untuk mempertahankan kondisi kondusif yang telah berjalan.

"Kabupaten Malang selalu kondusif dan terkendali dalam berbagai perhelatan demokrasi. Ini harus kita pertahankan dan ditingkatkan di Pemilu 2019," imbuh Ujung.
Di kesempatan yang sama, Dandim 0818/Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad menyampaikan juga kesiapannya untuk menjamin keamanan masyarakat. Dirinya menyebutkan, 1.400 personelnya sudah diserahkan ke Kapolres Malang dalam tim gabungan untuk ikut serta menjaga berjalannya pemilu.

"Senada dengan Bapak Kapolres Malang, kita akan jamin keamanan masyarakat. Personel kami sudah kita serahkan dan dalam komando Polres Malang," ujar Ferry yang menyebutkan bahwa dirinya telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk menciptakan pemilu yang lancar, sukses dan aman. 

"Jadi kita telah perintahkan untuk menciptakan hal itu. Maka bagi masyarakat datanglah besok ke TPS di wilayahnya. Kita jamin keamanannya," pungkasnya.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top