Jadi Timses 02, KPPS Diminta Mundur dan TPS di Rumahnya Dipindah

Foto yang di sebut sebagai PPS dan KPPS yang disinyalir menjadi timses capres (Foto : Istimewa / TulungagungTIMES)
Foto yang di sebut sebagai PPS dan KPPS yang disinyalir menjadi timses capres (Foto : Istimewa / TulungagungTIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Mendadak satu TPS di Desa Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung dipindah lokasi. Pemindahan ini terjadi lantaran diketahui pemilik rumah yang merupakan ketua KPPS disinyalir merupakan tim sukses capres 02 Prabowo - Sandiaga Uno.

"Sudah kita sikapi, sudah dipanggil KPPS dan PPS nya oleh PPK. Akhirnya TPS sepakat dipindah ke halaman tetangga," kata Ketua KPU Kabupaten Tulungagung Mustofa Selasa (16/04) siang.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bernama Musini dan merupakan pemilik rumah telah dipanggil bersama PPS setempat karena terindikasi merupakan simpatisan paslon capres-cawapres nomor 02.

"Kita minta untuk mengundurkan diri, namun rupanya jika KPPS mundur semua petugas akan mundur. Untuk itu TPS nya saja kita pindah," ungkapnya.

Tindakan yang dilakukan KPUD Tulungagung bukan tanpa alasan, sebelumnya panitia pengawas kecamatan (Panwascam) telah merekomendasikan pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atas aduan masyarakat yang keberatan jika TPS ditempatkan di rumah salah satu tim sukses paslon. 

"Kita sudah lakukan klarifikasi ke PPK, menurutnya pemilik rumah tetap tidak mengakui menjadi tim sukses tapi ada kegiatan yang diselenggarakan tim capres di rumahnya," lanjutnya.

Mustofa tak menampik KPPS yang bertugas tetap orang yang sama meski lokasi TPS sudah dipindah. Alasannya, selain masalah waktu pengunduran diri memerlukan proses yang panjang dan harus disiapkan penggantinya. Sementara, waktu yang ada tinggal hitungan jam atau tidak mungkin bisa dilakukan.

Dari informasi yang dihimpun TulungagungTIMES, beberapa kali warga protes agar tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di rumah Musini untuk dipindah setelah rumahnya digunakan kegiatan pengobatan tim capres-cawapres nomor 02. Hal itu juga dibuktikan dengan beredarnya foto pose dua jari yang menunjukkan ketua PPS dan KPPS di tempat kegiatan paslon beberapa waktu lalu.

Hingga berita ini diturunkan, ketua PPS dan KPPS yang fotonya beredar belum dapat dimintai konfirmasi terkait masalah tersebut.

Pewarta : Anang Basso
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top