Waspada! Akun Facebook Palsu Wali Kota Malang Coba Tipu Warga

Tangkapan layar akun "palsu" Wali Kota Malang Sutiaji yang mencoba melakukan penipuan. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Tangkapan layar akun "palsu" Wali Kota Malang Sutiaji yang mencoba melakukan penipuan. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Akun palsu mengatasnamakan Wali Kota Malang Sutiaji muncul di sosial media Facebook. Akun yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab itu mencoba melakukan penipuan dengan modus menggalang dana santunan. Sutiaji pun meminta agar warganya hati-hati dengan akun tersebut.

Menurut Sutiaji, akun tersebut mencoba menggali dana-dana sosial ke warga dan publik umum. Akun yang menggunakan foto profil persis seperti akun resmi Sutiaji itu mengirim tawaran sumbangan melalui fitur obrolan di Facebook. Sutiaji "palsu" menginformasikan kegiatan santunan kepada anak yatim dan mengimbau kepada warga untuk dapat ikut membantu dengan melalui nomor rekening bendahara penggalangan dana.

"Saya juga baru tahu, dan belum mengetahui oknum yang mencoba melakukan penipuan itu. Modus-modus seperti ini sering kita temui, dan cenderung masih saja ada yang terperdaya.  Untung saja ada informasi yang mengalir dan konfirmasi ke saya, sehingga dapat saya tegaskan itu akun palsu. Jangan dipercayai dan jangan segan serta takut untuk melaporkan," tegas Sutiaji.

Dia juga meminta warga untuk lebih cermat ketika menerima pesan-pesan di media sosial. "Dari segi logika kan nggak masuk, masa wali kota seperti saya ini menggalang bantuan seperti itu. Jadi harus cermat, jangan gampang percaya," tuturnya saat ditemui usai kegiatan di Hotel Savana, hari ini (16/4/2019).

Sutiaji mengaku belum mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh akun palsu itu. "Saya belum membuka langsung, jadi belum tahu apakah ada yang kena (tertipu) atau tidak. Harapannya jangan ada yang kena, tapi saya minta untuk melapor juga. Bagi warga, jangan mudah terkecoh jika ada oknum yang membawa nama-nama wali kota atau pejabat pemerintahan," tuturnya.

Mengenai langkah hukum yang akan ditempuh, Sutiaji mengaku telah menyerahkan ke bagian Humas Setda Kota Malang. Kabag Humas Setda Kota Malang M Nur Widianto menambahkan bahwa pihaknya tengah berkonsultasi pada pihak kepolisian. "Masih kami komunikasikan dengan pihak terkait. Karena ini kan menyangkut nama wali kota. Sekaligus agar jangan sampai kejadian yang sama terulang lagi," tegasnya.

Pada akun Facebook yang menggunakan foto Wali Kota Malang Sutiaji, terpotret jejak obrolan dengan salah satu warga. Sutiaji "palsu" menyebut bahwa dia akan mengadakan kegiatan bakti sosial. "Aku besok pagi mau adakan acara buat berikan bantuan santunan ke anak-anak panti. Bagaimana, ada niat mau bantu menyumbang buat mereka juga tidak. Ini aku berikan no rek bendahara penggalangan dana njih," tulisnya. Warga yang tidak diperlihatkan namanya itu berdalih akan mengadakan kegiatan santunan sendiri.

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top