Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Dana Saksi Capres Jokowi ‘Ketlisut’, Ketua TKD Sebut Sudah Terdistribusi ke Dua Partai

Penulis : Arisandi Pasuruantimes - Editor : A Yahya

16 - Apr - 2019, 18:12

Placeholder
Posko Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf

Menjelang detik-detik hari pencoblosan, aliran dana saksi untuk calon presiden (capres) Jokowi-Ma'ruf Amin tak jelas rimbanya. Partai pengusung capres petahana kelimpungan mencari talangan dana saksi yang seharusnya sudah terdistribusi di lapangan.

Sejumlah relawan yang didaftarkan sebagai saksi untuk capres Jokowi di Kabupaten Pasuruan, mengaku belum menerima dana operasional tersebut. Mereka juga mengaku ogah datang ke TPS jika dana operasional tersebut tidak diberikan. “Kami belum menerima dana saksi. Padahal dana operasional itu dijanjikan dan diberikan H-1,” kata seorang calon saksi capres Jokowi.

Ketua Partai NasDem Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono, mengakui jika sampai saat ini pihaknya belum menerima dana saksi dari Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin. Sesuai kesepakatan rapat, dana saksi tersebut seharusnya sudah terdistribusi ke seluruh partai pengusung. 

“Informasi yang kami terima dari TKD, dana saksi belum ada kejelasan. Kami akan bersikap pasif saja. Kami juga memiliki tanggung jawab terhadap saksi partai,” kata Joko Cahyono.

Menurut Joko, setiap partai pengusung memiliki tanggung jawab berbeda untuk menempatkan saksi capres Jokowi di TPS. Saksi yang dikoordinir Partai NasDem sebanyak 975 orang dengan besarnya biaya operasional sebanyak Rp 195 juta.

Sementara itu, Ketua TKD Kabupaten Pasuruan, Faidillah Nasor, menyatakan bahwa dana saksi tersebut sudah terdistribusi ke dua partai pengusung yakni PKB dan PDIP. Kedua partai ini yang nantinya mendistribusikan dana saksi ke partai pengusung lainnya. “Dana saksi baru saja terdistribusi ke PKB dan PDIP. Mereka ini yang nantinya mengkoordinir untuk dana saksi ke partai lain,” kata Gus Dillah, panggilannya.


Topik

Politik pasuruan berita-pasuruan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arisandi Pasuruantimes

Editor

A Yahya