Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pasar Lawang Terbakar, Petugas Pemadam Kesulitan Padamkan Kobaran Api

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

18 - Apr - 2019, 00:27

Placeholder
Petugas pemadam kebakaran saat beupaya memadamkan api dari kios yang berada di lantai dua, Kecamatan Lawang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

“Kebakaran... kebakaran... awas ada kebakaran,” teriak ratusan pedagang Pasar Lawang saat mengetahui api yang tiba-tiba muncul dari ubin kios milik mereka. Iya, Rabu (17/4/2019) malam, ratusan pedagang mulai dari tua muda, laki-laki hingga perempuan, seketika semburat saat peristiwa kebakaran terjadi.

Berdasarkan pendalaman MalangTIMES.com, saat meninjau lokasi kejadian, insiden kebakaran terjadi sekitar pukul 19.30 waktu setempat. Diduga kuat api bersumber dari kios yang berada di tengah-tengah pasar sebelah belakang dari arah jalan besar.

“Dugaan sementara ini, kebakaran dipicu karena korsleting listrik di kios lantai dua. Dimana di titik sumber api, selama ini digunakan untuk berjualan makanan,” kata petugas Unit Sabhara Polsek Lawang, Aiptu Dwi Agus saat ditemui di lokasi kejadian.

Dugaan itu diperkuat dari keterangan beberapa saksi yang dihimpun polisi. Berdasarkan keterangannya, mereka mengaku jika tidak ada bunyi ledakan sesaat sebelum insiden kebakaran terjadi. “Semula kami menduga jika kebakaran dipicu karena gas elpiji yang meledak, namun dari keterangan saksi sementara ini menguatkan jika kebakaran dipicu karena arus pendek yang mengakibatkan korsleting listrik,” sambung Agus kepada MalangTIMES.com.

Akibat kebakaran yang terjadi di lantai dua tempat berjualan makanan seperti pecel hingga rawon ini, membuat petugas pemadam kebakaran kuwalahan untuk menjangkau titik api. Terpantau hingga berita ini ditulis, si jago merah masih nampak membara di hampir setiap sudut kios yang berjarak sekitar 100 meter dari titik kebakaran. “Di bawah kios makanan itu, terdapat puluhan kios pedagang yang berjualan mebel, pakaian, sembako, hingga barang elektronik. Hal ini yang memicu api cepat menjalar,” terang Agus.

Agus menambahkan, hingga saat ini, petugas gabungan dari PPBK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran ) Kabupaten Malang, TNI, Polisi, PMI, serta bebrapa relawan diterjunkan ke lokasi kejadian. “Mobil pemadam kebakaran masih kesusahan menjangkau titik api, sementara ini kami masih fokus mengamankan jalur masuknya mobil pemadam kebakaan. Sedangkan para pedagang, terpantau sibuk menyelamatkan sebagian barang dagangan mereka,” pungkasnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya