Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Empat Kecamatan di Banyuwangi Mulai Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara

Penulis : Muhammad Hujaini - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - Apr - 2019, 17:28

Placeholder
Proses rekapitulasi penghitungan surat suara di Kecamatan Licin

KPU Banyuwangi mulai melakukan proses rekapitulasi penghitungan surat suara Pemilu 2019 di tingkat kecamatan. Salah satunya di wilayah Kecamatan Licin. Proses penghitungan dimulai pukul 08.00 WIB di Balai Kecamatan Licin, Jumat (19/4/19).

Penghitungan ini melibatkan petugas PPS, PPK, PPL, dan Panwaslu Kecamatan. Pleno Rekapitulasi penghitungan surat suara ini juga dihadiri saksi dari sejumlah partai. Ada juga saksi dari pasangan calon presiden.

Ketua PPK Kecamatan Licin, Tutik Hidayati menyatakan, penghitungan dilakukan dengan sistem pararel yakni dua kelompok penghitungan. Masing-masing kelompok melakukan rekapitulasi surat suara satu desa. "Jam 08.00 WIB sampai selesai dua desa, yakni Desa  Kluncing dan Desa Gumuk. Nanti Desa Licin dengan Pakel, jadi (hari ini) empat desa," jelas Tutik ditemui di sela-sela proses rekapitulasi.

Tutik menjelaskan wilayah Licin ada 8 desa. Hari ini rekapitulasi dilakukan untuk empat desa. Proses rekapitulasi untuk empat desa lainnya yakni Desa Jelun, Banjar, Segubang dan Tamansari, akan dilakukan Sabtu (20/4/19) esok. "Jika proses penghitungan sudah selesai langsung kita kirim ke KPU (Banyuwangi)," jelasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Banyuwangi Edi Saiful Anwar menyatakan, hari ini ada empat kecamatan yang melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi surat suara yakni Kecamatan Licin, Kabat, Glenmore dan Cluring. "Untuk kecamatan yang lainnya dilakukan Sabtu besok," katanya.

Proses rekapitulasi penghitungan surat suara di Kecamatan Licin ini mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan TNI. Untuk kelancaran proses perhitungan, area Balai Kecamatan Licin disterilkan. Hanya petugas yang melakukan rekap dan saksi saja yang boleh masuk. Di sekeliling balai kecamatan juga diberi pembatas dengan tali rafia agar tidak semua orang masuk ke area tersebut. 


Topik

Politik banyuwangi berita-banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Hujaini

Editor

Sri Kurnia Mahiruni