Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Besok UNBK, Lima SMP di Kota Blitar Belum Punya Komputer, Ini Kata Dindik

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

21 - Apr - 2019, 19:59

Placeholder
Panitia UNBK di SMPN 1 Kota Blitar saat mengecek kesiapan piranti komputer untuk pelaksanaan UNBK tahun 2019.(Foto : Team BlitarTIMES)

 Total 24 lembaga SMP sederajat di Kota Blitar besok Senin (22/04/2019) melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Tetapi, dari 24 sekolah itu. tidak semua bisa menyelenggarakan sendiri UNBK alias punya piranti komputer sendiri untuk teknis pelaksanaan ujian. Ada 5 lembaga yang tidak memiliki piranti komputer.

"Yang SMP. dari 24 lembaga, 19 lembaga yang mandiri. Jadi, UNBK dilaksanakan di sekolah sendiri. Kemudian yang 5 lembaga di sekolah lainnya," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Pemkot Blitar Dindin Alinurdin, Minggu (21/04/2019).

Dindin optimistis pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat tahun ini akan berjalan lancar. Optimismenya didasarkan persiapan mulai simulasi UNBK, try out, hingga pengarahan-pengarahan kepada sekolah untuk persiapan pembekalan pelaksanaan UNBK.

Jadwal pelaksanaan UNBK SMP akan berlangsung mulai Senin (22/04/2019) hingga Kamis (25/04/2019). Dindin menyebut, UNBK ini merupakan bagian pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan, untuk mengevaluasi masa pembelajaran siswa untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

"Hari senin nanti tanggal 22 ini akan dilaksanakan evaluasi pembelajaran. Jadi, sifatnya ujian nasional. Kemudian di Kota Blitar ujian nasionalnya sudah memakai komputer," ungkapnya.

"Kalau UNBK kan sudah tahap. Kemarin pembekalan pengawas, penandatanganan pakta integritas.vterkait dengan persiapan sarpras (sarana dan prasarana), teknisi, itu sudah disiapkan beberapa bulan ke belakang. Bahkan kami sudah lakukan simulasi UNBK juga. Semuanya alhamdulillah tidak ada persoalan," imbuhnya.

Selain pelaksanaan UNBK untuk SMP, besok Senin tanggal 22 sampai tanggal 24 juga akan dilaksanakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat SD. Sebanyak 3.100 siswa dari 70 lembaga SD maupun MI akan mengikuti USBN. Sementara untuk tingkat SMP, peserta UNBK sebanyak 4.000 siswa.


Topik

Pendidikan blitar berita-blitar UNBK-smp SMPN-1-Kota-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy