Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Miris, Ambulans Mau Lewat Malah Disetop Rombongan Khusus, Berikut Videonya

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Yunan Helmy

21 - Apr - 2019, 20:01

Placeholder
screenshot video

Sebuah video berdurasi kurang lebih enam menit yang mempertontonkan perbedaan perilaku pengendara di Indonesia dan luar negeri terhadap ambulans yang sedang melaju sungguh membuat miris.

Bagaimana tidak. Dalam video tersebut tampak sangat jelas perilaku pengendara di luar negeri begitu tertib dan membuka ruang lebar saat sirine ambulans dibunyikan sebagai tanda darurat. Sementara saat mempertontonkan video jalan di Indonesia, kondisinya malah jauh berbeda.

Di menit terakhir, dalam video itu tampak sebuah ambulans terpaksa minggir dan berhenti. Sebab, ada sebuah rombongan yang tengah melaju. Padahal di dalamnya jelas sedang membawa seorang pasien yang tengah terkapar.

Belum diketahui dengan pasti di mana tempat pengambilan video tersebut. Namum rombongan tersebut tampak menggunakan truk dan bus bertuliskan Polda Jabar. Bahkan ada beberapa kendaraan roda dua yang dengan gampang melaju begitu saja seolah memberi pengawalan.

Sang petugas sebelumnya juga tampak memberi aba-aba pada pengendara ambulans agar berhenti dan menunggu iring-iringan selesai. Sementara dari dalam ambulans, sebagaimana video yang beredar, tampak terdengar suara laki-laki yang menyampaikan dirinya tengah membawa seorang pasien.

"Lagi bawa pasien," kata pria dalam video tersebut sembari memperlihatkan kondisi seorang laki-laki yang tengah terkapar di dalam mobil ambulans dan didampingi seorang perempuan berkerudung.

Kemudiam menit berikutnya tampak menunjukkan perilaku pengendara yang kurang dewasa. Terlihat seorang pengendara yang memilih tetap melaju dan tak minggir meski telah ditegur oleh seorang laki-laki yang meminta pengendara tersebut untuk minggir.

"Tahu ambulans nggak, ini saya rekam ini," teriak laki-laki pengendara motor yang meminta agar pengemudi mobil tersebut memberi ruang kepada ambulans.

Tapi peringatan tersebut tak diindahkan dan pengendara roda empat tersebut terus melaju. Bahkan, pada akhir video tampak terjadi cekcok yang membuat pengendara mobil turun dari kendaraannya dan menghampiri perekam yang naik sepeda motor.

Kondisi itu sungguh jauh berbeda dengan perilaku pengendara di negara lain sebagaimana terangkum dalam video di menit-menit awal. Tampak jelas, pengendara di Polandia, Dubai, Jerman, Prancis, Malaysia, Slovenia, Jepang, China, hingga Amerika memilih membuka ruang lebar saat ambulans melaju.

Bahkan beberapa kendaraan yang terjebak macet sekalipun akan mencari upaya untuk menepi. Dengan kompak, mereka membuka sebuah jalan baru dan saling menepi. Dalam video juga terlihat ada beberapa pengendara yang akhirnya menaikkan kendaraannya pada sebagian median jalan.

Kebanyakan dari mereka juga menghentikan lajunya atau menggunakan kecepatan yang sangat minim dan memberi ruang lebih kepada ambulans yang tengah melaju. Sehingga ambulans memiliki ruang lebih untuk melaju dengan cepat dari sisi tengah jalan.

Kondisi ini memang sungguh sangat memprihatinkan. Alangkah lebih baik jika kita memulai dari diri sendiri sebagai pengendara yang bijak dan bertanggung jawab saat sedang ada di jalan. Ketika ada ambulans lewat, ada baiknya kita menepi dan memberi ruang lebih. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Yunan Helmy