Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Disnaker Kabupaten Malang Pacu SMK Berlomba Gelar Mini-Job Fair

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

22 - Apr - 2019, 12:32

Placeholder
Yoyok Wardoyo, kepala Disnaker Kabupaten Malang, menginstruksikan seluruh SMK untuk mengadakan mini job fair dalam upaya menekan angka pengangguran. (@disnakerkabmalang)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus memacu penurunan angka pengangguran terbuka, khususnya bagi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang jumlahnya di Kabupaten Malang ada sekitar 139 unit.

Hal ini didasarkan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang meliris angka penyumbang pengangguran tertinggi tahun 2018 dari lulusan sekolah adalah SMK. Dari data BPS di tahun itu,  jumlah pengangguran lulusan SMK sebesar 9,27 persen. Disusul lulusan SMA 7,03 persen, lulusan SMP 5,36 persen, diploma III 6,35 persen, dan universitas 4,98 persen.

Kondisi inilah yang membuat Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang berusaha maksimal untuk lulusan SMK di wilayahnya bisa beranjak dari angka pengangguran nasional tersebut. Salah satunya adalah dengan mendorong seluruh SMK di Kabupaten Malang untuk mengadakan mini-job fair sebagai bentuk meminimalisasi angka pengangguran.

Program penekanan angka pengangguran terus diupayakan Disnaker Kabupaten Malang salah satunya dengan menginstruksikan seluruh SMK untuk berlomba-lomba menggelar mini-job fair.
"Ini salah satu upaya kami untuk menekan angka pengangguran dari lulusan SMK. Kami instruksikan SMK bisa mengelar mini-job fair dan menggandeng dunia usaha," kata Yoyok Wardoyo, kepala Disnaker Kabupaten Malang, Senin (22/04/2019).

Instruksi Disnaker Kabupaten Malang itu didasarkan dengan angka pencari kerja dari lulusan SMK/SMA/MA yang setiap tahun bisa mencapai 12 ribu orang.  Jumlah lulusan itulah yang akan menjadi para pencari kerja setiap tahunnya. Bersanding dan bersaing dengan para lulusan S1. Sehingga proses untuk memberikan bekal praktis dunia usaha menjadi salah satu kunci bagi para lulusan SMK khususnya.

"Lewat mini-job fair di seluruh SMK diharapkan para calon pencari kerja bisa bertemu langsung dengan pihak-pihak dunia usaha. Sehingga akan terbuka ruang untuk pekerjaan bagi lulusan SMK," ujar Yoyok.

Mantan staf ahli bupati Malang ini juga meminta kepada pihak SMK untuk juga melakukan berbagai fasilitasi bagi lulusannya mendapatkan pekerjaan. Minimal memberikan berbagai informasi peluang kerja kepada anak didiknya yang telah lulus. "Maka sekali lagi lewat mini-job fair ini kami pikir menjadi ruang positif dalam upaya mengurangi angka pengangguran terbuka," ucap Yoyok.

Disnaker Kabupaten Malang, selain menginstruksikan agenda yang diharapkan bisa dilakukan secara rutin di seluruh SMK,  juga telah lama melakukan berbagai upaya meminimalisasi pengangguran dari lulusan SMA/SMK/MA. Misalnya melalui job fair yang dilakukan setiap tahun dan menggandeng puluhan perusahaan, baik dari Malang Raya sampai luar daerah. Juga secara intensif memberikan informasi-informasi lowongan kerja melalui berbagai media yang dimilikinya, seperti website Disnaker Kabupaten Malang yang kerap mengunggah lowongan kerja di wilayah Malang Raya.

Upaya yang telah menjadi program rutin dan tahunan ini yang menurut Yoyok perlu diperkuat di skala yang lebih kecil. Yakni, di lingkup-lingkup sekolahan itu sendiri. Sebab, untuk menekan angka pengangguran tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak saja, yaitu oleh Pemkab Malang.

"Harus bersama-sama dan ada sinergi seluruh pihak terkait. Mini-job fair, misalnya, adalah salah satu upaya ke sana. Sedangkan dari kami mendorongnya di skala yang lebih luas. Sehingga akan tercapai sinergi yang saling menguntungkan. Khususnya bagi para lulusan sekolah," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Kabupaten-Malang Badan-Pusat-Statistik mini-job-fair Pemkab-Malang website-Disnaker-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy